UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI KELAS VII.D SMP NEGERI 7 JAKARTA

NISRINA KORIN, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI KELAS VII.D SMP NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

NISRINA KORIN. Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Berbantuan LKS Terstruktur pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII.D SMP Negeri 7 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII.D SMP Negeri 7 Jakarta pada materi Segiempat dan Segitiga melalui model pembelajaran MURDER berbantuan LKS terstruktur. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta tes awal kemampuan representasi matematis di kelas tersebut, ditemukan bahwa kemampuan representasi yang dimiliki siswa masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa memiliki kemampuan representasi tinggi, dua siswa kemampuan representasi sedang, dan dua siswa dengan kemampuan representasi rendah. Prosedur penelitian menggunakan tiga siklus dengan metode pengumpulan data dari observasi, tes pada setiap akhir siklus, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan representasi matematis subjek penelitian mengalami peningkatan. Peningkatan yang dicapai pada SP1 adalah 83 pada siklus I, 83 pada siklus II, dan 92 pada siklus III. Peningkatan yang dicapai SP2 adalah 75 pada siklus I, 92 pada siklus II, dan 100 pada siklus III. Peningkatan yang dicapai SP3 adalah 83 pada siklus I, 83 pada siklus II, dan 92 pada siklus III. Peningkatan yang dicapai SP4 adalah 67 pada siklus I, 75 pada siklus II, dan 83 pada siklus III. Peningkatan yang dicapai SP5 adalah 50 pada siklus I, 67 pada siklus II, dan 75 pada siklus III. Peningkatan yang dicapai SP6 adalah 42 pada siklus I, 58 pada siklus II, dan 75 pada siklus III. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Model Pembelajaran MURDER, LKS terstruktur, Segiempat dan Segitiga NISRINA KORIN. The Efforts to improving the Mathematical Representation Student’s Ability through MURDER Learning Model based Structured Worksheet on the material of rectangle and triangle in class VII.D 7 Junior High School. Essay, Jakarta: Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, 2020. The research aims to improve mathematical representation ability in class VII.D 7 Junior High School on the material of rectangle and triangle through the MURDER learning model assisted by structured student worksheet. Based on the observation, the interview and initial ability test of mathematical representation in the class, it was found that the mathematical representation capabilities were still lacking, so it needed to be improved. This research is a Classroom Action Research (CAR). There are six research subjects, namely two students with high representation, moderate and low representation ability. The research procedure used three cycles with the method of collecting data from observation, tests at the end of each cycle, and interviews. The data obtained were analyzed descriptively using data triangulation. The results showed that mathematics learning on rectangle and triangle material with MURDER learning model assisted by structured student worksheet can improve students mathematical representation skills through discussion process the structured worksheet. The improvement reached by SP1 is 83 in cycle I, 83 in cyxle II, and 92 in cycle III. The improvement reached by SP2 is 75 in cycle I, 92 in cyxle II, and 100 in cycle III. The improvement reached by SP3 is 83 in cycle I, 83 in cyxle II, and 92 in cycle III. The improvement reached by SP4 is 67 in cycle I, 75 in cyxle II, and 83 in cycle III. The improvement reached by SP5 is 50 in cycle I, 67 in cyxle II, and 75 in cycle III. The improvement reached by SP6 is 42 in cycle I, 58 in cyxle II, and 75 in cycle III. Keywords: Mathematical Representation Ability, MURDER Learning Model, Structured Worksheet, Rectangle and Triangle

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Meiliasari, S.Pd.,M.Sc.; 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 908 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 15:03
Last Modified: 17 Apr 2020 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6332

Actions (login required)

View Item View Item