PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP REGULASI EMOSI ANAK TK B (Studi Eksperimen pada Anak TK Kelompok B di Kecamatan Pamulang, Provinsi Banten Tahun 2019)

TISYA PERMATASARI, . (2020) PENGARUH PERMAINAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP REGULASI EMOSI ANAK TK B (Studi Eksperimen pada Anak TK Kelompok B di Kecamatan Pamulang, Provinsi Banten Tahun 2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Negative actions that occur at this time are very related to one's emotional regulation ability. For this reason, instilling the ability of motion regulations should be prepared early. Interpersonal intelligence children like building relationships and maintaining social relationships will make it easier to know what kind of emotion regulation affecting children. For this reason, cooperative games have become a good game to do in increasing children's regulation. This study aims to reveal the extent to which the influence of cooperative games and interpersonal intelligence on the regulation of motions. Observational research data were tested using a normality test and a homogeneity test followed by a two-way variance test (ANAVA) and continued testing with tukey testing. The results showed that the sample data were normally distributed and homogeneous. The results of the analysis also showed the existence of the interaction of cooperative games and interpersonal intelligence on regulation based on the results of the analysis of variance F count = 62 , 52 > F tab = 4.08 at the significant level = 0.05. Keywords: Emotion Regulation, Interpersonal Intelligence and Cooperative play. ABSTRAK Tindakan-tindakan negatif yang terjadi saat ini sangat berhubungan dengan kemampuan regulasi emosi seseorang. Untuk itu menanamkan kemampuan regulasi emosi sebaiknya dipersiapkan sejak dini. Kecerdasan interpersonal anak seperti membangun, menjalin hubungan serta mempertahankan hubungan sosialnya akan memudahkannya dalam mengenal jenis emosi yang berdampak terhadap regulasi anak. Untuk itu permainan kooperatif menjadi permainan yang baik dilakukan dalam meningkatkan regulasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana pengaruh permainan kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap regulasi emosi. Data penelitian observasi diuji menggunakan uji nomalitas dan uji homogenitas yang dilanjutkan uji varians (ANAVA) dua jalur serta pengujian lanjutan dengan pengujian tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data sampel tersebar secara normal dan bersifat homogen. Hasil analisis juga menunjukkan terdapatnya interaksi permainan kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap regulasi berdasarkan hasil analisis varians nilai F hitung = 62,52 > F tabel = 4,08 pada taraf signifikan = 0,05. Kata Kunci: Regulasi Emosi, Kecerdasan Interpersonal, Permainan Kooperatif.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Dr. Karnadi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2270 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2020 10:46
Last Modified: 14 Nov 2022 07:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6743

Actions (login required)

View Item View Item