Devara Janitra, . (2016) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI Studi Kasus: Peserta Didik kelas X IIS 2 SMA N 35 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (130kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Surat Peneltian (1).pdf Download (782kB) |
|
Text
Surat Peneltian (2).pdf Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan dan dampak internet sebagai media pembelajaran sosiologi di kelas X IIS 2. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui mengenai faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pemanfataan internet sebagai media pembelajaran sosiologi. Peneliti menggunakan kerangka konsep media pembelajaran, informasionalisme yang di mana sumber utama produksi berdasarkan pengetahuan dan informasi dan masyarakat jaringan menurut Manuel Castells serta pembelajaran konstruktivisme menurut Paul Suparno. Peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Penulis dalam mengumpulkan data menggunakan data-data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Data sekunder diperoleh dari buku, artikel, internet sebagai penguat hasil temuan data empirik. Informan dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang diantaranya delapan peserta didik kelas X IIS 2, dua pendidik mata pelajaran sosiologi dan penanggung jawab TIK di SMA N 35 Jakarta. Peneliti menemukan dua temuan dalam penelitian ini. Pertama, internet sebagai media pembelajaran sosiologi peserta didik X IIS 2 SMA N 35 Jakarta. Temuan tersebut mencakup proses pembelajaran sosiologi, bentuk pembelajaran sosiologi dalam menggunakan internet, pandangan pendidik dan peserta didik terhadap internet, aktivitas dan tujuan peserta didik dalam mengakses internet, faktor pendorong dan faktor penghambat pemanfataan internet sebagai media pembelajaran sosiologi. Internet sebagai media pembelajaran sosiologi dapat menjadi wadah untuk mencari dan berbagi informasi yang menunjang pembentukan pengetahuan yang baru, berkomunikasi, sebagai tempat berdiskusi antara sesama peserta didik maupun dengan pendidik. Kedua, dampak pemanfataan internet sebagai media pembelajaran sosiologi yang dikaitkan dengan peran pendidik dalam pembelajaran, fungsi dari media pembelajaran dan efektivitas internet sebagai media pembelajaran. Pemanfataan ini juga ditemukan adanya peningkatan intensitas interaksi dan menciptakan ketergantungan terhadap internet dalam pembelajaran yang dikaji dengan konsep informasionalisme dan masyarakat jaringan. Selain itu juga pemanfataan internet sebagai media pembelajaran sosiologi dilihat dalam pandangan pembelajaran konstruktivisme.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rakhmat Hidayat, Ph.D ; 2). Dr, Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 12:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 12:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/688 |
Actions (login required)
View Item |