MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VB SD NEGERI KALIBARU 2 CILODONG DEPOK

Della Esti Aryani, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VB SD NEGERI KALIBARU 2 CILODONG DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI- DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB pada semester 2 tahun ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penyelesaian masalah terkait kubus dan balok mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II mencapai 84,62%. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga meningkat dari perolehan pemantau aktivitas guru siklus I sebesar 73,34% dan pemantau aktivitas siswa sebesar 74,23%. Pada siklus II persentase perolehan pemantau aktivitas guru sebesar 88,34% dan perolehan pemantau aktivitas siswa sebesar 90,51%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Iva Sarifah, M.Pd., ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 May 2020 11:04
Last Modified: 19 May 2020 11:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7693

Actions (login required)

View Item View Item