UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X TMPO 2 SMK NEGERI 26 JAKARTA TIMUR

ENENG FITRI HANDAYANI, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X TMPO 2 SMK NEGERI 26 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 3115140556.pdf

Download (214kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (322kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif TSTS di kelas X TMPO 2 SMKN 26 Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TMPO 2 yang terdiri atas 35 siswa dengan 33 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dengan materi pembelajaran Trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil perolehan nilai untuk setiap subjek penelitian pada siklus I, yaitu SP1 mendapatkan nilai 34, SP2 mendapatkan 56, SP3 mendapatkan 59, SP4 mendapatkan 75, SP5 mendapatkan 78, SP6 mendapatkan 78. Pada siklus II nilai tiap SP meningkat, SP1 mendapatkan nilai 56, SP2 mendapatkan 59, SP3 mendapatkan 72, SP4 mendapatkan 78, SP5 mendapatkan 84, SP5 mendapatkan 81. Pada siklus III nilai tiap SP juga meningkat, SP1 mendapatkan nilai 78, SP2 mendapatkan 78, SP3 mendapatkan 78, SP4 mendapatkan 81, SP5 mendapatkan 81, dan SP6 mendapatkan 88. Ketuntasan klasikal subjek penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dalam kategori baik pada siklus III telah mencapai 50% dan kategori sangat baik mencapai 50%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X TMPO 2 SMKN 26 Jakarta Timur pada materi Trigonometri. ********* This research is a Class Action Research aimed at enhancing the students mathematical problem solving skills through TSTS cooperative learning model in class X TMPO 2 SMKN 26 East Jakarta. The subject in this study was the X TMPO 2 class consisting of 35 students with 33 male students and 2 female students with trigonometric learning materials. The study was implemented in 3 cycles. To obtain data on the mathematical problem solving skills of students using a mathematical problem-solving ability test. Result acquisition value for each research subject at cycle I, SP1 get the value 34, SP2 get 56, SP3 get 59, SP4 get 75, SP5 get 78, SP6 get 78. In cycle II the value of each SP increases, SP1 gets the value 56, SP2 get 59, SP3 get 72, SP4 get 78, SP5 get 84, SP5 get 81. In the cycle III value of each SP also increases, SP1 gets the value 78, SP2 get 78, SP3 get 78, SP4 get 81, SP5 get 81, and SP6 get 88. The classical submission of research subjects for mathematical problem solving capability in good category on cycle III has reached 50% and the category very well reached 50%, so it can be concluded that the implementation of TSTS cooperative learning model can improve the mathematical problem solving skills of grade X TMPO 2 SMKN 26 East Jakarta in trigonometric materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Pinta Deniyanti S., M.Si ; 2) Vera Maya Santi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2223 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2020 15:03
Last Modified: 10 Jun 2020 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item