PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)KELAS IV (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Cipinang Cempedak Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur)

WIDAYANI CHRISTABEL, . (2016) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)KELAS IV (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Cipinang Cempedak Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I FIX.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
COVER fix.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
pengesahan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional siswa dengan metodediskusi kelompok dan metode FGD penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa eksperimen desain control group desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sd cipinang cempedak pagi penentuan sample dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol masing-masing kelas terdiri dari siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan post test yang berarti keduanya reliable . sebelum dilakukan analisi data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data terlebih dahulu digunakan uji –t. hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kecerdasan emosional kelas IV A dan kelas IV B perbedaan dilakukan denganexceluji-t skor posttest eksperimen dan kelopok menunjukan t-hitung 7,335 dan nilai 0,001 (P <0.05). yang membuktikan bahwa kecerdasan emosoional siswa dengan strategi diskusi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan metode FGD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2020 15:26
Last Modified: 06 Jul 2020 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item