PENGEMBANGAN KARAKTER SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER (Studi Kualitatif di Teater SMA Sejahtera 1 Depok)

DWI ALFIAN HADI SANTOSO, . (2020) PENGEMBANGAN KARAKTER SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER (Studi Kualitatif di Teater SMA Sejahtera 1 Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari tahu mengenai pengembangan karakter sosial didalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler teater dan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengembangkan karakter sosial tersebut. Dengan mengikuti suatu kegiatan apakah terdapat perkembangan karakter seseorang dalam bersikap dan berperilaku, baik pribadinya maupun di dalam sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informan. Informan merupakan anggota teater kelas X dan kelas XI sebagai informan. Serta dengan dua orang key informan yakni Pembina maupun Pelatih Ekstrakurikuler Teater SMA Sejahtera 1 Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teater membuat para anggotanya untuk bebas dalam mengekspresikan diri dan membuat anggota-anggotanya memiliki karakter sosial yang baik seperti lebih percaya diri, menghargai perbedaan, dan tidak membeda-bedakan seseorang berdasarkan kedudukan maupun status sosial seseorang. Mereka bersama dalam satu atap berlandaskan asas kekeluargaan. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengembangkan karakter sosial para anggotanya melalui kegiatan ekstrakurikuler Teater Metamorfosa dilakukan dengan pengembangan nilai-nilai kepedulian dan toleransi, pengembangan nilai-nilai keadilan, mengadakan pementasan teater, kesempatan yang sama bagi para anggotanya, dan pengaturan waktu dengan baik dan bijak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata anak mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler teater memiliki karakter baik khususnya pada karakter sosial seperti memiliki empati, mampu bersikap adil, toleransi, mengorbankan suatu hal demi tujuan yang ingin diraih, percaya diri, dan mampu bersosialisasi dengan baik didalam masyarakat. This research is to find out about character development in following theatrical extracurricular activities and the struggle carried out in the development of these social characters. By participating in an activity, is there a development in the character of a person who is involved and behaves, both personally as well as in his social life. The method used in this research is descriptive research with a qualitative approach. Data collection procedures carried out by observation, documentation study, and interviews conducted with informants and key informants. The informant is a member of the theater class X and class XI as the informant. As well as with two key informants namely the Trustees and extracurricular Trainers Theater Prosperous 1 Depok High School. The results show that theater makes its members free to portray themselves and makes their members have good social character, prefers confidence, wins differences, and does not discriminate against anyone who can be transferred to one's social status. They are together in one roof based on the principle of kinship. The efforts made in developing the social character of its members through the extracurricular Teater Metamorfosa activities are carried out by developing values of caring and tolerance, developing values of justice, holding theater performances, equal opportunities for its members, and managing time well and wisely. The conclusion of this study is that the average child who joins theater extracurricular activities has good character in social characters such as those who have empathy, are able, fair, suitable, in accordance with the objectives to be achieved, confident, and able to socialize well that exist in the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4205 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2020 17:56
Last Modified: 21 Aug 2020 19:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item