PERUBAHAN MAKNA DALAM ADJEKTIVA CERAPAN PADA NOVEL GERHANA KEMBAR KARANGAN CLARA NG SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

ANGGITA AJI PRAMESWATI, . (2012) PERUBAHAN MAKNA DALAM ADJEKTIVA CERAPAN PADA NOVEL GERHANA KEMBAR KARANGAN CLARA NG SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI ANGGIT.pdf

Download (649kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
3. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
5. BAB I SKRIPSI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
6. BAB II SKRIPSI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7. BAB III SKRIPSI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
8. BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. BAB V SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan makna dalam adjektiva cerapan pada novel Gerhana Kembar serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis perubahan makna dalam adjektiva cerapan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap, yaitu Februari sampai Juli tahun akademik 2011/2012. Fokus penelitian ini pada perubahan makna dalam adjektiva cerapan pada novel Gerhana Kembar karangan Clara Ng yang mencakup pertukaran tanggapan indra. Objek penelitian ini adalah novel Gerhana Kembar karangan Clara Ng. Instrumen yang digunakan ialah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis kerja. Data penelitian berupa 123 kalimat dalam novel Gerhana Kembar yang mengandung adjektiva cerapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 123 kalimat dalam novel Gerhana Kembar karangan Clara Ng di dalamnya terdapat sembilan pertukaran tanggapan indra yang mengakibatkan terjadinya perubahan makna dan terdapat juga penemuan baru dalam data. Perubahan makna akibat pertukaran tanggapan indra yang pertama yaitu pertukaran tanggapan indra dari indra penglihatan menjadi indra pendengaran sebanyak 19 adjektiva cerapan (15,4%). Pertukaran tanggapan indra dari indra pendengaran menjadi indra penglihatan sebanyak 1 adjektiva cerapan (0,8%). Pertukaran tanggapan indra dari indra perabaan menjadi indra penglihatan sebanyak 26 adjektiva cerapan (21,1%). Pertukaran tanggapan indra dari indra perabaan menjadi indra pendengaran sebanyak 37 adjektiva cerapan (30%). Pertukaran tanggapan indra dari indra perabaan menjadi indra penciuman sebanyak 3 adjektiva cerapan (2,4%). Pertukaran tanggapan indra dari indra perabaan menjadi indra pencitarasaan sebanyak 1 adjektiva cerapan (0,8%). Pertukaran tanggapan indra dari indra pencitarasaan menjadi indra penglihatan sebanyak 23 adjektiva cerapan (19%). Pertukaran tanggapan indra dari indra pencitarasaan menjadi indra pendengaran sebanyak 3 adjektiva cerapan (2,4%). Pertukaran tanggapan indra dari indra pencitarasaan menjadi indra penciuman sebanyak 3 adjektiva cerapan (2,4%). Dari 123 adjektiva yang ada dalam data juga diperoleh 7 adjektiva (5,7%) yang tidak mengalami pertukaran tanggapan indra. Pertukaran tanggapan indra yang paling banyak muncul yaitu pertukaran tanggapan indra dari indra perabaan menjadi indra pendengaran sebanyak 37 buah adjektiva cerapan (30%), kecenderungan tertinggi pertukaran tanggapan indra ini karena manusia secara psikis lebih banyak beraktivitas menggunakan indra perabaan dan indra pendengaran maka pertukaran tanggapan indra ini lebih potensial digunakan penulis dalam menyampaikan maksud yang ditulisnya di dalam novel tersebut kepada pembaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana adjektiva cerapan dalam karya sastra yaitu novel Gerhana Kembar karangan Clara Ng. Hal ini membuktikan bahwa adjektiva cerapan dapat vi dipelajari dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia khususnya dalam pembuatan karya sastra atau pun menulis narasi. Dengan begitu, proses pembelajaran adjektiva cerapan di kelas VIII SMP sebaiknya dilakukan seperti pembelajaran menulis puisi karena hal ini dapat membantu siswa dalam memperkaya serta mengembangkan kosakatanya dalam penulisan karya sastra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Prof. Dr. Sakura Ridwan, M.Pd. 2.) Dra. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 30 Oct 2019 13:13
Last Modified: 30 Oct 2019 13:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item