KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) ANAK JALANAN USIA 4-5 TAHUN (Studi Kualitatif di Master Terminal Depok, Jawa Barat)

ANANDA MEGA PERTIWI, . (2016) KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) ANAK JALANAN USIA 4-5 TAHUN (Studi Kualitatif di Master Terminal Depok, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Catatan Dokumentasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CL.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAAAA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15kB)
[img] Text
kafer, kata pengantr-lampiran.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN SIDANG.pdf

Download (92kB)
[img] Text
News Of Jurnal.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Kecakapan Hidup (Life Skill) Anak Jalanan di Master, Terminal Depok, Jawa Barat yang dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2015. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi kualitatif karena fenomena yang terjadi sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada anak jalanan usia 4-5 Tahun di Master, Terminal Depok, Jawa Barat. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara catatan anekdot, alat perekam suara oleh wawancara guru, anak jalanan usia 4-5 tahun, lingkungan masyarakat dan pembina master, and alat dokumentasi berupa kamera untuk merekam perilaku subjek yang muncul. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan pengecekan sejawat. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan hidup (life skill) anak jalanan usia 4-5 tahun di Master, Terminal Depok, Jawa barat 1) kecakapan sosial yaitu anak memiliki kemampuan atau berperilaku baik yang dinilai positif oleh orang lain, anak menjalankan aturan sesuai norma yang berlaku di lingkungan sekolah atau masyarakat, dan anak menjalin hubungan pesahabatan atau pertemanan yang baik, 2) kecakapan berpikir yaitu anak menggali sebuah informasi secara lebih rinci, mengenali hubungan sebab-akibat dalam kehidupannya, dan memahami kata-kata yang berhubungan dengan pertanyaan “Jika”, “Mengapa”, “Dimana”, “Kapan”, dll”, 3) kecakapan meredakan emosi yaitu anak mengendalikan emosi atau dirinya, dan emosi ditunjukkan secara tidak intens(berlebihan), 4) kecakapan teknik dasar yaitu kemandirian anak meliputi kemandirian makan dan merapihkan makan sendiri, keterampilan toileting dan keterampilan penggunaan sepatu sendiri, 5) peran guru sebagai role model, pendamping dan pembimbing. Implikasi dari hasil penelitian adalah secara teoritik, kecakapan hidup memberikan dampak positif seperti anak jalanan untuk dapat mengembangkan kemandirian yang positif melalui kegiatan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami S.Pd, M.Pd ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Oct 2019 14:28
Last Modified: 30 Oct 2019 14:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item