HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP TINDAK BULLYING (STUDI KUANTITATIF DI SMAN 8 KOTA TANGERANG SELATAN)

PUTRI TUTI PERMATASARI, . (2020) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DENGAN SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP TINDAK BULLYING (STUDI KUANTITATIF DI SMAN 8 KOTA TANGERANG SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman materi HAM dengan sikap peserta didik terhadap tindak bullying. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2020. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 8 Kota Tangerang Selatan yang berjumlah sebanyak 315 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 25% dari jumlah populasi sehingga diperoleh 80 peserta didik yang dijadikan sebagai sampel. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas menggunakan rumus liliefors dengan Ltabel = 0,099 untuk n = 80 pada taraf signifikasi (α=0,05). Dari perhitungan didapat Lhitung variabel X = 0,097 dan Lhitung variabel Y = 0,074, karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Uji linieritas regresi dengan persamaan Ŷ = 114,93 + (-1,42) X, diperoleh uji keberartian regresi Fhitung (5,49) > Ftabel (3,96) maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi adalah berarti. Uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung (0,30) < Ftabel (2,14) maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah linier. Pada uji koefisien korelasi product moment diperoleh rxy sebesar -0,257. Selanutnya uji keberartian koefisien korelasi menggunakan uji t, diperoleh thitung (-2,344) < ttabel (-1,991) maka terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Sehingga diperoleh koefisien determinasi = 6,6% variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kesimpulan dari hasil analisis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif dan signifikan antara pemahaman materi hak asasi manusia (HAM) dengan sikap peserta didik terhadap tindak bullying. This research aims to determine the understanding of human rights material with students attitudes toward bullying. The study began in March to May 2020. This study uses a correlation method with a quantitative approach. The population in the study was XI class students at SMAN 8 Kota Tangerang Selatan, amounting to 315 students. Sampling using simple random sampling technique as much as 25% of the total population so obtained 80 students are used as samples. Test requirements analysis with test normality using liliefors formula with Ltabel = 0,099 for n = 80 at a signification level (α = 0,05). From the calculations obtained Lhitung variabel X = 0,097 and Lhitung variabel Y = 0,074, because Lhitung < Ltabel then variabel X and variabel Y with the normal distribution. Test interference linearity regression with the equation Ŷ = 114.93 + (-1.42) X, obtained a regression test of Fhitung (5,49) > Ftabel (3,96) It can be concluded that the model of the The Celtic regression test acquired Fhitung (0,30) < Ftabel (2,14) It can be concluded that the regression equation is linear. In the test coefficient of product moment acquired rxy of -0,257. As a means of testing the meaning of the correlation coefficient using T-test, obtained Thitung (-2.344) < Ttabel (-1,991) then there is a significant relationship between the variabel X and variabel Y. Thus obtained coefficient of determination = 6,6% variabel Y variabels determined by variabel X. The conclusion of the results of the analysis in this study is that there is a negative relationship between human rights material comprehension and the attitude of students to bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Afrimetty Timoera, SH., MH ; 2). Raharjo, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4277 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 12:17
Last Modified: 25 Aug 2020 12:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8595

Actions (login required)

View Item View Item