PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DI SMP NEGERI 2 JAKARTA)

EMI PRATIWI, . (2020) PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DI SMP NEGERI 2 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-4115162549.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila dalam upaya menumbuhkan cinta tanah air pada anak berkebutuhan khusus yang dilakukan di SMP Negeri 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data berupa penelaahan dokumen atau studi dokumen dan wawancara yang dilakukan kepada guru-guru di SMP Negeri 2 Jakarta. Selain itu dilengkapi dengan pendapat ahli.Dari hasil penelitian, nilai-nilai Pancasila yang dapat diterapkan pada anak berkebutuhan khusus yaitu nilai ketuhanan dan nilai persatuan. Dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila kepada anak berkebutuhan khusus yaitu dilakukan dengan metode role model sosial supaya dapat ditiru, dan model belajar yang bebeda-beda dengan anak regular. Selain itu, untuk mengukur kognitif siswa tersebut, guru memberikan tes ujian yang berbeda pula. Adapun dalam menumbuhkan cinta tanah air pada anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan mengintergrasikan ke dalam pembelajaran dan pengembangan diri. Dalam upaya menumbuhkan cinta tanah terdapat kegiatan pengembangan yang dilakukan dengan proses pembiasaan/ pembudayaan pada peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada anak berkebutuhan khusus tidak semua nilai dapat diterapkan kepada ABK. Hanya nilai ketuhanan dan nilai persatuan yang diterapkan pada ABK. Adapun upaya yang dapat dilakukan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila pada anak berkebutuhan khusus yaitu dengan 3 cara yaitu tes ujian perilaku dengan cara melihatnya dalam implementasi sehari-hari, memberikan role model untuk setiap tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kepada anak berkebutuhan khusus dan model pembelajaran yang digunakan harus berbeda dengan anak reguler. Upaya menumbuhkan cinta tanah air pada anak berkebutuhan khusus yang dilakukan guru-guru yaitu dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram dan ekstrakulikuler. This study aims to determine how the application of Pancasila values in an effort to foster love for the country in children with special needs carried out at SMP Negeri 2 Jakarta.The research method used is a qualitative method. The data test method is in the form of document review or document study and interviews conducted with teachers at SMP Negeri 2 Jakarta. Apart from that with an expert opinion.From the research results, Pancasila values that can be applied to children with special needs are divine values and unity values. In applying Pancasila values to children with special needs, the method of social role models can be imitated, and learning models that are different from ordinary children. In addition, to measure the students cognitive, the teacher gave different tests. As for fostering love for the land in children with special needs, it is done in several ways, namely by integrating it into learning and self-development. In an effort to foster love for the land, there are development activities carried out by the process of acclimating / cultivating students.The conclusion in this study is that in the application of Pancasila values to children with special needs, not all values can be applied to children with special needs. Only the divine value and the value of unity applied to the ABK. There are efforts that can be made in applying Pancasila values to children with special needs, namely by means of 3 ways, namely behavioral tests by seeing them in daily implementation, providing role models for each action that is in accordance with Pancasila values to children with special needs and the learning model used must be different from regular children. Efforts to foster love for the country in children with special needs are carried out by teachers, namely through routine activities, programmed activities and extracurricular activities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si. ; 2). Raharjo, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4154 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2020 12:37
Last Modified: 25 Aug 2020 12:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item