ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PERILAKU MEMILIH JASA MAKE UP ARTIST PADA INSTAGRAM

RANIKA HABIBATUS SHOLEHA, . (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PERILAKU MEMILIH JASA MAKE UP ARTIST PADA INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam perilaku memilih jasa Make Up Artist pada Instagram. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Jakarta dan Bekasi. Adapun waktu penelitian ini, dilaksanakan pada semester genap 2018—2019. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner (angket) dengan menggunakan format google form kepada 30 responden. Jumlah instrumen uji coba sebanyak 50 butir pernyataan. Setelah dilakukan uji coba, maka diperoleh 25 butir pernyataan yang mewakili indikator variabel X (faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen) yang memenuhi validitas dan diperoleh 16 butir pernyataan yang mewakili indikator variabel Y (perilaku memilih jasa Make Up Artist pada Instagram). Nilai rtabel adalah 0,361 pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh (1) rhitung dari faktor psikologis sebesar 0,491, (2) rhitung dari faktor situasional sebesar 0,369, dan (3) rhitung dari faktor sosial sebesar 0,621, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara faktor psikologis, faktor situasional, dan faktor sosial terhadap konsumen dalam perilaku memilih jasa Make Up Artist pada Instagram. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam perilaku memilih jasa Make Up Artist pada Instagram untuk faktor psikologis dengan Koefisien Determinasi sebesar 24,1%, faktor situasional dengan Koefisien Determinasi sebesar 13,6% dan faktor sosial dengan Koefisien Determinasi sebesar 38,6%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor psikologis, faktor situasional, dan faktor sosial dapat mempengaruhi konsumen, namun faktor sosial lebih dominan memiliki korelasi yang mempengaruhi konsumen dalam perilaku memilih jasa Make Up Artist pada Instagram. This research is a descriptive quantitative research. This study aims to determine the factors that influence consumer behavior in choosing a make-up artist service on Instagram. This research was conducted in the Jakarta and Bekasi regions. As for the time of this study, it was held in even semester 2018-2019. This research was conducted by distributing questionnaires using the google form to 30 respondents. The number of trial instruments is 50 statements. After testing, it was obtained 25 items that represent indicators of variable x (factors that influence consumer behavior) that meet the validity and obtained 16 items that represent indicators of variable y (behavior of choosing Make Up Artist services on Instagram). The value of rtabel is 0.361 at the significance level α = 0.05 obtained (1) rhitung from psychological factors of 0.491, (2) rhitung t from situational factors of 0.369, and (3) rhitung from social factors of 0.621, which states that there is influence positive between psychological factors, situational factors and social factors on consumer behavior in choosing Make Up Artist services on Instagram. The results stated that the factors that influence consumer behavior in choosing the Make Up Artist services on Instagram for psychological factors with coefficient of determination of 24,1%, situational factors with coefficient of determination of 13,6% and social factors with coefficient of determination of 38,6%. Thus it can be concluded that psychological factors, situational factors and social factors could affects consumer. Yet more dominant social factors have a correlation that affects consumer behavior in choosing the Make Up Artist services on Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd. ; 2). Dr. Dwi Atmanto, M.Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 4540 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 11:27
Last Modified: 26 Aug 2020 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item