PENGEMBANGAN MODEL LITERASI BACA-TULIS BERBASIS APLIKASI MULTIPLATFORM

BIMA DEWANTO SRIWIBOWO, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL LITERASI BACA-TULIS BERBASIS APLIKASI MULTIPLATFORM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Literasi Nasional diluncurkan pada 2017 dengan mengusung enam kemampuan literasi dasar yang sebelumnya sudah ditetapkan, yakni literasi baca-tulis, numerasi, sains, finansial, digital, dan budaya dan kewargaan. Pelaksanaannya mencakupi tiga ranah, yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat. Beberapa sekolah yang sedang beradaptasi dengan pelaksanaan Gerakan Literasi Nasional masih berfokus pada literasi baca-tulis dengan melaksanakan kegiatan membaca selama 15 menit.. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model literasi baca-tulis berbasis aplikasi multiplatform. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mencakup enam tahap, antara lain 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan desain awal, 3) validasi desain yang meliputi validasi ahli dan revisi, 4) perbaikan desain mode, 5) validasi ahli tahap kedua, dan 6) perancangan model hipotetik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah desain purwarupa dari model literasi baca-tulis berbasis multiplatform. Model tersebut merupakan media pendukung pelaksanaan literasi baca-tulis pada Gerakan Literasi Sekolah di SMK. Dalam pengembangannya, model literasi baca-tulis terbagi menjadi tiga kelompok desain antarmuka, yakni tampilan awal, tampilan perangkat guru, dan tampilan perangkat siswa. Pada tampilan awal, terdapat media masuk/registrasi yang menjadi penentu peran pengguna dalam mengoperasikan model tersebut. Tampilan perangkat guru merupakan media yang didesain untuk mengontrol kegiatan membaca siswa. Dalam tampilan tersebut, terdapat fitur grup kelas, diskusi kelas, peringkat kelas, rekomendasi novel, dan laporan kegiatan membaca. Pada tampilan perangkat siswa, terdapat tiga kelompok desain antarmuka, yakni antarmuka interaksi, kegiatan, dan keluaran. Pada antarmuka interaksi, siswa dapat berkomunikasi dengan teman kelas dan guru dengan fitur grup, diskusi, dan peringkat kelas. Pada antarmuka kegiatan, siswa dapat melakukan kegiatan membaca dengan fitur yang mendukung, antara lain jurnal membaca harian, alarm membaca, Kamus Besar Bahasa Indonesia, rekomendasi novel, dan penghitung waktu membaca. Antarmuka luaran adalah tampilan yang didesain untuk memudahkan siswa untuk membuat analisis sederhana terkait unsur instrinsik pada novel dan membagikan hasil bacaan atau rekomendasi novel ke media sosial yang ada. Dari hasil uji pakar pada rancangan tersebut, model literasi baca-tulis dinyatakan sesuai dengan pelaksanaan GLS di SMK. Kata kunci: model literasi baca-tulis, Gerakan Literasi Sekolah, multiplatform, novel Gerakan Literasi Nasional released in 2017 by adopting six basic literacy skills which have been decided before, there are read-write, numeracy, science, financial, digital, and culture and citizenship. Some school which adapting with Gerakan Literasi Nasional implementation still focusing on read-write literacy by doing the reading activity for 15 minutes. Therefore, this research purposed to developing the model of multiplatform based application of read-write literacy. The method used is research and development which have nine steps, there are 1) needs analysis, 2) beginning of model development, 3) production of the application, 4) first expert test, 5) the first improvement of application design, 6) second expert test, 7) the second improvement of application design, 8) design validation, and 9) designing of the hypothetic model. The result of this research is the prototype design of the multiplatform application based read-write literacy. This model is a supporting media for read-write literacy implementation from Gerakan Literasi Sekolah at vocational school. In this development, the read-write literacy model divided by three user interface designs, there are first display, teacher device display, and student device display. At the first display, there are login/sign up media which becoming a determinant for users to operate this model. The teacher device display is a media designed to control the student reading activity. That display contains some features, there are class group, class discussion, class rank, book recommendation, and reading activity report. In the student device display, there are three user interface categories, such as interaction, activity, and output. In the interaction user interface, students could communicate with their classmates and teacher by using some features, such as class group, class discussion, and class rank. In the activity user interface, students could do the reading activity with some supporting features, such as daily reading journal, reading alarm, Kamus Besar Bahasa Indonesia, book recommendation, and reading timer. The output user interface is a feature which designed to simplify the student to make a short story review related to intrinsic element in that story and share the reading result or short story recommendation to social media. The result from the design validation by the experts, the model of read-write literacy is stated as Gerakan Literasi Sekolah's implementation in the vocational school. Keywords: read-write literacy’s model, Gerakan Literasi Sekolah, multiplatform, short story

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum. ; 2) Venus Khasanah, S.S., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4434 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 12:56
Last Modified: 28 Aug 2020 12:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item