ZAINAB, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PELAJARAN FIKIH (MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL HARAM DAN THOYYIB) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR ISLAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER - 4715160376.pdf Download (269kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (719kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (329kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (322kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (136kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (450kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (609kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (504kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah media ular tangga ini berguna untuk memvisualisasikan materi dengan permainan agar siswa lebih tertarik. Ular tangga merupakan media untuk memahami lebih lanjut dari materi yang telah disampaikan di dalam buku. Selain itu Penelitian ini dilakukan agar siswa dapat memilih makanan halal dan baik pada jajanan yang mereka konsumsi di sekolah. Objek penelitian adalah siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga pada materi Makanan dan Minuman Halal Haram dan Thoyyib, untuk mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi tentang produk pengembangan media yang dihasilkan oleh peneliti serta untuk mengetahui penilaian guru PAI terhadap pengembangan media pembelajaran ular tangga pada materi Makanan dan Minuman Halal Haram dan Thoyyib yang peneliti kembangkan. Penelitian ini menggunakan teori R&D menurut Dick and Carry (ADDIE) yang menyatakan bahwa model penelitian yang menyarankan agar penerapan prinsip desain pengembangan disesuaikan dengan langkah-langkah yang harus ditempuh secara berurutan. Adapun metode yang digunakan adalah metode Research and Development model ADDIE. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif data. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media ular tangga yang dikembangkan dinilai melalui validasi ahli media dengan perolehan sebesar 3,9 dengan kategori “Baik” dan validasi ahli materi dengan perolehan 3,6 dengan kategori “Baik”. Selain validasi, media yang dikembangkan diujicobakan kepada guru PAI, hasil penilaian guru terhadap media yang dikembangkan peneliti yaitu media ini dalam kategori “Baik” dengan rata-rata 3,8 dan hasil penilaian murid terhadap media yang dikembangkan memperoleh 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga materi Makanan dan Minuman Halal Haram dan Thoyyib ini dalam kategori “Baik” dan layak digunakan. Desain media pembelajaran ular tangga sama dengan ular tangga pada umumnya. Namun, keunggulan dari media ular tangga ini ialah sebagai penunjang pelajaran yang menarik agar siswa tidak mudah bosan. Dan media ini dapat dimainkan dimana saja dan untuk siapa saja, juga permainan ular tangga ini bukan hanya bermain saja namun dapat sambil belajar agar pemain lebih memahami perbedaan antara makanan dan yang baik dengan yang tidak baik. Kata kunci : Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga *********************** ABSTRACT The background of this research is that this snake and ladder media is useful for visualizing material with games so that students are more interested. Snakes and ladders is a medium for further understanding of the material that has been presented in the book. In addition, this research was conducted so that students can choose halal and good food for the snacks they consume at school. The research object was the VI grade students. This study aims to develop learning media for snake and ladder learning on Haram and Thoyyib Halal Food and Beverages, to determine the assessment of media experts and material experts on media development products produced by researchers and to determine the PAI teacher's assessment of the development of learning media for snake and ladder learning on food material. and the Haram and Thoyyib Halal Drinks that the researchers developed. This study uses the R&D theory according to Dick and Carry (ADDIE) which states that the research model suggests that the application of development design principles be adjusted according to the steps that must be taken sequentially. The method used is the ADDIE Model Research and Development method. The data are presented in the form of descriptive data. Then the data collection techniques used were interviews and questionnaires. The results of this study indicate that the developed snake and ladder media was assessed through the validation of media experts with a gain of 3.9 in the "Good" category and validation of material experts with a gain of 3.6 in the "Good" category. In addition to validation, the media developed was tested on Islamic Education teachers, the results of the teacher's assessment of the media developed by researchers, namely this media in the "Good" category with an average of 3.8. So it can be concluded that the learning media for the snake and ladder material of Haram and Thoyyib Halal Food and Beverages are in the "Good" category and are suitable for use. The snake and ladder learning media design is the same as the snake and ladder in general. However, the advantage of this snake and ladder media is that it supports interesting lessons so that students don't get bored easily. And this media can be played anywhere and for anyone, also this game of snakes and ladders is not only playing but also learning to make players better understand the difference between good and bad food. Keywords: Learning Media, Snakes and Ladders Game
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA ; 2). Dr. Amaliyah,M.Pd |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 4772 not found. |
Date Deposited: | 29 Aug 2020 15:59 |
Last Modified: | 29 Aug 2020 15:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8782 |
Actions (login required)
View Item |