EFEKTIVITAS DAKWAH AKUN INSTAGRAM @HIJABALILA DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS : REMAJA FOLLOWERS @HIJABALILA)

SITI FADILAH ERYANTI, . (2020) EFEKTIVITAS DAKWAH AKUN INSTAGRAM @HIJABALILA DI KALANGAN REMAJA (STUDI KASUS : REMAJA FOLLOWERS @HIJABALILA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - NIM.pdf

Download (611kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (875kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (735kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (890kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dakwah akun instagram @hijabalila di kalangan remaja (Studi Kasus : Remaja Followers @hijabalila). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengkajian fenomena yang terkait dengan variabel penelitian secara mendalam yaitu mengenai efektivitas dakwah akun instagram @hijabalila di kalangan remaja (Studi Kasus : Remaja Followers @hijabalila). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara online, penyebaran angket secara online, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah para remaja yang menjadi followers @hijabalila. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas yang dikemukakan Stewart, L Tubbs dan Silvia Moss (2000). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akun instagram @hijabalila berdakwah dengan cara yang kreatif dan inovatif yaitu dengan mengemas dakwah ke dalam bentuk gambar/animasi, video, dan kata-kata motivasi yang diposting melalui instagram efektif di kalangan remaja. Hal tersebut terbukti bahwa setelah menerima dakwah dari akun instagram @hijabalila, para remaja followers akun instagram @hijabalila merasa mengerti isi pesan dakwah yang disampaikan, remaja merasa terhibur dengan dakwah akun instagram @hijabalila, remaja memiliki hubungan sosial yang baik dengan followers lain yang juga follow akun instagram @hijabalila, dan remaja menerapkan pesan dakwah yang disampaikan lalu mendapatkan perubahan perilaku menjadi lebih baik setelah menerima dakwah dari akun instagram @hijabalila. This study aims to determine the effectiveness of the da'wah Instagram account @hijabalila among teens (Case Study: Teenagers @hijabalila Followers). The method used in this research is descriptive qualitative approach by conducting a study of phenomena related to research variables in depth, namely the effectiveness of the preaching account instagram @hijabalila among adolescents (Case Study: Adolescent Followers @hijabalila). The techniques used in data collection are online interview techniques, online questionnaires, and documentation. The objects in this study are teenagers who become followers of @hijabalila. This study uses the theory of effectiveness proposed by Stewart, L Tubbs and Silvia Moss (2000). The results of this study indicate that the Instagram account @hijabalila preaches in a creative and innovative way by packaging da'wah in the form of images / animations, videos, and motivational words posted through Instagram effectively among teenagers. This is evident that after receiving da'wah from the Instagram account @hijabalila, the teen followers of the Instagram account @hijabalila feel understand the contents of the message delivered, teenagers feel entertained by the preaching account Instagram @hijabalila, teenagers have a good social relationship with other followers who also follow Instagram account @hijabalila, and teens apply the propaganda message that is delivered then get a change in behavior for the better after receiving propaganda from the Instagram account @hijabalila.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Zulkifli Lubis, MA ; 2). Sari Narulita, Lc, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 4464 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 11:37
Last Modified: 03 Sep 2020 11:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8814

Actions (login required)

View Item View Item