ANTESEDEN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN INDUSTRI KREATIF: STUDI TENTANG FAKTOR INDIVIDUAL DAN FAKTOR ORGANISASIONAL

WIDYA PARIMITA, . (2020) ANTESEDEN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN INDUSTRI KREATIF: STUDI TENTANG FAKTOR INDIVIDUAL DAN FAKTOR ORGANISASIONAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (287kB)
Official URL: https://iratde.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anteseden komitmen organisasi pada karyawan industri kreatif dengan studi tentang faktor individual (modal psikologi, keterikatan kerja, makna bekerja) dan faktor organisasional (perilaku etis pimpinan, komunikasi internal). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas yang bertujuan untuk menguji pengaruh variabel eksogen (perilaku etis pimpinan dan komunikasi internal) terhadap variabel endogen (modal psikologi, keterikatan kerja, makna bekerja dan komitmen organisasi). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada industri kreatif dengan jumlah yang bersifat infinite, oleh karena itu pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dibatasi pada karyawan yang masuk dalam kategori generasi milenial. Berdasarkan pertimbangan tersebut, sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24 dan Structional Equation Model (SEM) untuk mengolah data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelas hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima. Hal ini membuktikan bahwa variabel eksogen (perilaku etis pimpinan dan komunikasi internal) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel endogen (modal psikologi, keterikatan kerja, makna bekerja dan komitmen organisasi) pada karyawan generasi milenial sektor industri kreatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa modal psikologis hanya ditentukan oleh perilaku etis pimpinan, sedangkan modal psikologis merupakan variabel yang paling dominan dalam menentukan keterikatan kerja. Sementara itu, komunikasi internal memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap makna bekerja, sedangkan anteseden komitmen organisasi yang memberikan pengaruh paling besar adalah perilaku etis pimpinan. Penelitian ini mampu berkontribusi dengan menghasilkan kebaruan (novelty) penelitian berupa kajian mengenai anteseden komitmen organisasi pada generasi milenial khususnya pada industri kreatif yang masih terbatas. Kata Kunci: Komitmen organisasi, modal psikologi, keterikatan kerja, makna bekerja, perilaku etis pimpinan, komunikasi internal. ************ This study aims to analize the antecedents of organizational commitment in creative industry employees with the study of individual factors(psychological capital, work engagement, meaning of work) and organizational factors(ethical leadershipand internal communication). The research design used is quantitative research with a causality approach which aims to examine the influence of exogenous variables (ethical leadershipand internal communication) on endogenous variables (psychological capital, work engagement, meaning of work and organizational commitment). The populations in this study are employees in the creative industries with an infinite amount; therefore, sampling is done using purposive sampling. The sample is limited to employees who fall into themillennial generation category. Based on these considerations, the sample taken in this study were 200 respondents. This study uses SPSS version 24 and Structional Equation Model (SEM) software to analyze research data. The results showed that eleven hypotheses put forward in the study were accepted. This proves that exogenous variables (ethical leadership and internal communication) have positive and significant effects on endogenous variables (psychological capital, work engagement, meaning of work and organizational commitment) to employees of millennial generation of the creative industry sector. The results also showed that psychological capital was only determined by the ethical behavior of the leadership, whereas psychological capital was the most dominant variable in determining work involvement. Meanwhile, internal communication gives the most dominant influence on the meaning of work, while the antecedent of organizational commitment that gives the greatest influence is the ethical behavior of the leader. This research is able to contribute by generating novelty research in the form of a study of the antecedents of organizational commitment to millennial generation, especially in the creative industries that are still limited.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dedi Purwana, E.S,SE,. M.Bus ; 2). Usep Suhud, M.Si, Ph.D
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: Users 4894 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 15:43
Last Modified: 09 Sep 2020 15:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8865

Actions (login required)

View Item View Item