Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri 28 Jakarta

NURUL IFADAH YASRI, . (2020) Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri 28 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan dengan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri 28 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 28 Jakarta pada siswa kelas VIII Semester 1 Tahun Ajaran 2019 – 2020, yang dimulai pada bulan September 2019. Metode penelitian yuang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Korelasional, penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada-tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel pada suatu studi kelompok subjek. Instrument yang digunakan adalah Angket , Instrumen penelitian ini berupa sistem angket yang berisi butir-butir pernyataan dan pertanyaan untuk diberi tanggapan oleh subjek penelitian. Pengembangan instumen disusun berdasarkan atas deskripsi teoritik yang telah disusun sebelumnya, kemudian dijabarkan ke dalam butir-butir pertanyaan. Skala pengukuran instrumen menggunakan model skala bertingkat (model skala Likert) dengan empat alternatif jawaban, dengan bobot nilai 1, 2, 3, dan 4. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat Hubungan dengan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri 28 Jakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung sebesar 0,000, sedangkan harga r tabel sebesar 0,2782 pada taraf siginifikasi 5%. Jadi harga r hitung lebih kecil dari harga r tabel sehingga hubungannya positif dan signifikan. Hal ini berarti Model Pembelajaran Make A Match memberikan dampak positif secara signifikan terhadap Minat Belajar Siswa. Pada hasil penelitian di atas, menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif secara signifikan antara model pembelajaran make a match dengan minat belajar siswa . Kemungkinan ini dapat terjadi karena model pembelajaran make a match yang dicapai siswa tinggi sehingga dapat menyebabkan hubungan minat belajar siswa. Maka, peneltian ini dapat membuktikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Model Pembelajaran Make A Match dengan Minat Belajar Siswa. *************************** Abstract The purpose of this study was to determine the relationship of the Make A Match type of cooperative learning model with student learning outcomes in Arabic learning at MTS Negeri 28 Jakarta. This research was conducted at MTS Negeri 28 Jakarta in class VIII students in Semester 2, Academic Year 2019 - 2020, which began in June 2020. The research method used in this study is the Correlational method, research that is intended to determine whether there is a relationship between two or several variables in a subject group study. The instrument used was the Questionnaire. This research instrument was in the form of a questionnaire system that contained items of statements and questions to be given a response by the research subjects. The development of the instrument is arranged based on the theoretical description that has been compiled before, then translated into question items. The measurement scale of the instrument uses a multilevel scale model (Likert scale model) with four alternative answers, weighing 1, 2, 3, and 4. Based on the results of this study, there is a relationship between the Make a Match Type Cooperative Learning Model and Student Learning Interest in Arabic Language Learning at MTS Negeri 28 Jakarta. This is indicated by the calculated r value of 0,000, while the r table price of 0.2782 at the 5% significance level So the calculated r value is smaller than the r table price so that the relationship is positive and significant. This means that the Make A Match Learning Model has a significant positive impact on Student Learning Interests. The results of the research above indicate that there is a significant positive relationship between the make a match learning model and students' interest in learning. This possibility can occur because the make a match learning model achieved by students is high so that it can lead to a relationship between student interest in learning. So, this research can prove that there is a significant positive relationship between the Make A Match Learning Model and Student Learning Interests.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A ; 2). Dr. Romdani, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4486 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2020 15:46
Last Modified: 29 Aug 2020 15:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item