YANI SULISTIAWATI, . (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WILAYAH JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (810kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
YANI SULISTIAWATI, 8105160189. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Wilayah Jakarta Utara. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru akuntansi di SMK wilayah Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan sampel sebanyak 48 guru menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi menggunakan data primer dari hasil kuesioner dan variabel kinerja guru menggunakan data sekunder, yaitu dokumen penilaian kinerja guru. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi secara simultan terhadap kinerja guru adalah 87,6%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi menjadi faktor yang mempengaruhi kinerja guru akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Jakarta Utara, dengan kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor dominan yang mempengaruhi kinerja guru. Kepala sekolah diharapkan mampu mengikutsertakan setiap guru baik yang memiliki jabatan ataupun tidak untuk mengikuti pelatihan guna peningkatan profesi keguruan, sehingga tidak terjadi ketimpangan kemampuan profesi antar guru dan guru akan memiliki keinginan untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Selain itu, sekolah atau yayasan hendaknya memberikan kebebasan kepada guru untuk berdiskusi baik dengan kepala sekolah, sesama rekan guru, karyawan, dan peserta didik terutama dalam meciptakan ide-ide baru yang inovatif, sehingga guru akan siap dan berani menerima resiko dari pekerjaan yang akan atau telah dilaksanakan. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, budaya organisasi, kinerja guru YANI SULISTIAWATI, 8105160189. The Influence of Principal’s Leadership, Work Motivation, and Organizational Culture on Accounting Teacher Performance in North Jakarta Regional Vocational High School. Thesis. Jakarta: Economic Education Study Program, Accounting Education Concentration, Faculty of Economics, State University of Jakarta. 2020. This study aims to know the influence of principal’s leadership, work motivation, and organizational culture on accounting teacher performance in North Jakarta regional vocational high school. The research method is survey method with sample of 48 teachers used proportional random sampling. The variable data of principal’s leadership, work motivation, and organizational culture using primary data is questionnaires and variable of teachers performance using secondary data is teacher perforrmance appraisal document. The results of the analysis requirements test show that the data is normally distributed and has a linear relationship. Based on the hypothesis test, it can be concluded that partially and simultaneously the principal's leadership, work motivation, and organizational culture have a positive and significant influence on teacher performance. The magnitude of the influence of principal’s leadership, work motivation, and organizational culture simultaneously on teacher performance is 87.6%. The conclusion that can be drawn in this study is that the principal's leadership, work motivation, and organizational culture are factors that affect the accounting teachers performance in North Jakarta regional Vocational High School (VHS), with the principal’s leadership being the dominant factor affecting teacher performance. The principal is expected to be able to involve every teacher whether they have position or not to take part in training to improve the teaching profession, so that there is no imbalance in professional ability between teachers and teachers will have the desire to do a better job. In addition, schools or foundations should give teachers the freedom to discussions with the principal, fellow teachers, employees, and students especially in creating new innovative ideas, so that teachers will be ready and dare to accept the risks of the work that will or already implemented. Keywords: principal’s leadership, work motivation, organizational culture, teacher performance
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 4636 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 11:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 11:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9095 |
Actions (login required)
View Item |