PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER 3 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AL IHSAN ALI DZULFIQAR, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER 3 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diadakan di Universitas Negeri Jakarta, Prodi Pendidikan bahasa Arab tingkat 2 untuk tahun akademik 2019-2020, dan itu dimulai dari Oktober hingga Desember 2019. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang pengaruh media gambar berseri pada keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa semester ketiga di Departemen Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan sampelnya adalah siswa semester ketiga di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta sejumlah 48 siswa, 24 di antaranya adalah kelas eksperimen dan sisanya adalah kelas kontrol. Peneliti menggunakan metode Purposive Sampling, teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan yang diperlukan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan Post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dan uji validitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikansi 0,05. Setelah Peneliti melakukan penelitian, ditemukan pengaruh positif terhadap keterampilan berbicara mahasiswa semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan penggunaan media gambar berseri. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil data sebagai berikut: hasil uji t didapat dari uji validitas dan uji homogenitas. Uji homogenitas dari hasil pengelompokan X dan Y mempunyai varian yang homogen, yaitu X2 Hitung 18,27 < X2 tabel 62,82. Uji normalitas memiliki data yang berdistribusi normal dengan hasil L hitung 0,114 < L tabel 0,181. Setelah dilakukan tes didapat hasil t hitung dari 0,05 adalah 3,22 dan nilai t tabel 1,679 untuk derajat kebebasan (dk=46). Berdasarkan perhitungan tersebut t hitumg lebih besar dari t tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima, Yang artinya terdapat pengaruh positif terhadap hasil tes. Berdasarkan data di atas, terdapat pengaruh positif pada penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara mahasiswa semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas negeri jakarta dan media pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. The effect of using serial picture attribute on the skill of Arabic speech among students of the 3rd level in the Department of Arabic Language Education at Jakarta State University, Scientific Research, Jakarta: Department of Arabic Language Education, College of Language and Arts, Jakarta State University, 2020. This research was conducted at Jakarta State University, 2nd class Arabic Language Education Study Program for the 2019-2020 academic year, and it began from October to December 2019. This study aimed to gain knowledge about the effect of media image series on Arabic speaking skills in third level students at the Department of Arabic Language at Jakarta State University. The proposed methode designed experiments which used 3rd level Department of Arabic Language students. This experiment divided 48 students into 2 class of variables: 24 independents and 24 dependents. The sampling was performed with purposive techniques, which intentionally pick samples in accordance with requirements. The research instrument were pre-test and post-test. Analysis data techniques used in this research were descriptive statistics, and validity test. The hypothesis testing used t-test with 0,05 of significance level. The results found a positive effect againts the student speaking skills by using serial picture. The conclution is based on the t test result from homogenity and validity test. The homogenity test from the result of grouping X and Y has a homogeneus variant, namely X2 count 18,27 < X2 table 62,82. The normality test has data that are normally distributed with the result of the t count obtained from 0,05 are 3,22 with the t table value 1,679 for the degree of freedom (dk=46). Based on these calculation, the calculated t count is greater than t table, the null hypotesis (H0) is rejected and the research hypotesis (H1) is accepted, It means there is a positive effect on the rate of test results. Based on the data above, there is a positive effect on using media of serial pictures on the speaking ability of students in semester 3 of Arabic Language Education Study Program, Jakarta State University and this learning media can improve Arabic speaking skills of Arabic Education Study Program students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Hendrawanto, M.Pd M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4700 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:15
Last Modified: 31 Aug 2020 13:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9122

Actions (login required)

View Item View Item