PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI TEKNIK TEBAK KATA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII di MTs. Negeri 25 Jakarta)

HANA NURFATA LAILA, . (2020) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI TEKNIK TEBAK KATA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII di MTs. Negeri 25 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta di kelas tujuh pada tahun ajaran 2019—2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab melalui teknik tebak kata pada siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dan instrumen yang digunakan adalah tes pada setiap siklus dan observasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami dan menguasai kosa kata Arab. Observasi digunakan untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil penguasaan kosa kata bahasa Arab yang diperoleh dari setiap siklus adalah sebagai berikut: Skor rata-rata yang diperoleh pada pre-test adalah 65 dan hasil rata-rata tes pada akhir siklus pertama adalah 91, 45 kemudian rata-rata hasil tes pada akhir siklus kedua adalah 97, 85. Adapun peningkatan hasil dari pra-tes ke tes siklus pertama adalah 26, 45, dan peningkatan hasil dari siklus pertama ke siklus kedua adalah 6, 4. Jumlah peningkatan dalam penelitian ini adalah 32, 85, maka peneliti menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kosa kata bahasa Arab melalui teknik tebak kata pada siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta . Maka, dapat disimpulkan bahwa Teknik Tebak Kata Efektif untuk meningkatkan penguasaan Kosakata Bahas Arab pada Siswa Kelas VII di Mts. Negeri 25 Jakarta Kata Kunci: Penguasaan kosakata bahasa Arab, tebak kata ************************************ ABSTRACT This research was conducted at the Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta in seventh grade in the 2019—2020 school year. This research aims to determine the enhancement of Arabic vocabulary mastery through word guessing technique in seventh grade students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. The type of this research is Class Action Research which is conducted in two cycles. The Class Action Research model that used is the Kemmis and Mc Taggart model which is consisted of four stages, they are: planning, implementation, observation, and reflection. And the instruments used are tests in each cycle and observation. Learning outcomes tests are used to measure student’s achievement in understanding and mastering Arabic vocabulary. The observation is used to measure teacher and student performance in learning. The obtained results of mastering Arabic vocabulary from each cycle are: The obtained average score at the pre-test is 65 and the average test result at the end of the first cycle is 91, 45 then the average test results at the end of the second cycle is 97, 85. The enhancement in results from pre-test to the first cycle test is 26, 45, and the enhancement in results from the first cycle to the second cycle is 6, 4. The summary of enhancement in this research is 32, 85, then the researcher concludes that there is an enhancement in Arabic vocabulary mastery through word guessing technique in seventh grade students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Consequently, it is concluded that the word guessing technique is suitable for enhancing Arabic vocabulary mastery in seventh-grade students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Keywords: Mastery of Arabic vocabulary, guessing words

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Murodi, M.A. ; 2). Dr. Fatwa Arifah, MA. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 4427 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:21
Last Modified: 31 Aug 2020 13:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9125

Actions (login required)

View Item View Item