PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK X PADA MAHASISWI FE UNJ

VIRLIA RIZQI MAULIDA, . (2020) PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK X PADA MAHASISWI FE UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik X pada mahasiswi FE UNJ. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 7 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juli 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive Sampling sebanyak 126 orang. Persamaan regresi sederhana yang dihasilkan X1 adalah Ŷ = 55,194 + 0,435 X1 dan persamaan regresi sederhana yang dihasilkan X2 adalah Ŷ = 45,478 + 0,532 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang linier. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 5,583 dan ttabel = 1,979439 dan Y atas X2 thitung = 6,553 dan ttabel = 1,979439. Nilai koefisien korelasi antara variabel label halal (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,448 dan nilai koefisien korelasi antara variabel harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,507. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara label halal terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara label halal dan harga terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,201 yang menunjukkan bahwa 20,1% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh label halal. Sementara itu, sisanya 79,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dan koefisien determinasi Y atas X2 diperoleh sebesar 0,257 yang menunjukkan bahwa 25,7% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh harga. sementara itu, sisanya 74,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Label Halal, Harga The purpose of this study was to determine the effect of halal labels and prices on the purchase decision of X cosmetics products at the FE, UNJ. This research was conducted at the Faculty of Economics, State University of Jakarta, for 7 months from January to July 2020. The research method that the researchers used was a survey method with a correlational approach, the population used were all female students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling technique as many as 126 people. The simple regression equation produced X1 is Ŷ = 55.194 + 0.435 X1 and the simple regression equation produced X2 is Ŷ = 45.487 + 0.532 X2. Test requirements analysis is the normality test with the Kolmogorov-Smimov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significant level of Y value of 0,200, X1 value of 0,200, X2 value of 0,200. Because the significance level of the three variables > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Linearity regression test of Y for X1 and Y for X2 produces significance value in Linearity, that is 0,000 < 0.05, so it can be concluded that it has a linear relationship. Next, a t test was carried out and Y was obtained over X1 tcount = 5,583 and ttable = 1,979439 Y over X2 tcount = 6,553 and ttable = 1,979439. Correlation coefficient between the halal label variable (X1) to the purchase decision (Y) of 0,448 and the correlation coefficient between the price variable (X2) to the purchase decision (Y) of 0,507. So, there is a positive and significant influence between halal labels on purchasing decisions, as well as a positive and significant effect between prices on purchasing decisions. Thus, it can be concluded that there is a positive and significant influence between halal and price labels on purchasing decisions. The coefficient of determination of Y over X1 was obtained at 0.199, indicating that 20,1% of the purchase decision variable was determined by the halal label. Meanwhile, the remaining 79,9% is influenced by other factors. And the coefficient of determination of Y over X2 obtained by 0.257 which shows that 25.7% of the purchase decision variable is determined by price. Meanwhile, the remaining 74.3% is influenced by other factors. Keyword: Purchase Decision, Halal Label, Price

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurdin Hidayat M.M., M.Si ; 2). Ryna Parlyna, MBA
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4437 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:03
Last Modified: 03 Sep 2020 13:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item