PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN DANAU INDAH 02 KABUPATEN BEKASI

ANWAR ERMAWADI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN DANAU INDAH 02 KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN DAN GRAFIK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (662kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (559kB)
[img] Text
JURNAL ANWAR ERMAWADI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan Metode Snowball Throwing di kelas V siswa SDN Danau Indah 02, Kabupaten Bekasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Danau Indah 02, Kabupaten Bekasi yang berlokasi di Kp. Jarakosta Rt 02/02 Desa Danau Indah Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi dengan waktu penelitian yang dilakukan selama 3 bulan, yaitu dari bulan Juli sampai dengan Oktober semester ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model spiral atau siklus dari Stephen Kemmis dan MC. Taggrat. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dengan soal berupa pilihan ganda (PG) sedangkan instrumen pemantau tindakan pembelajaran menggunakan Metode Snowball Throwing, dan catatan lapangan, uji validitas dan reliabel instrumen ditempuh melaui expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I yaitu hasil belajar PKn siswa mencapai 73.91%, dengan rata-rata 70,86. Adapun siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 100% dengan rata-rata 84,34. Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan Metode Snowball Throwing pada siklus I menunjukan aktivitas guru mencapai 77.5% dan aktifitas siswa mencapai 76.25% dan pada siklus II peningkatan aktivitas guru menunjukkan hasil yang signifikan yaitu mencapai sebesar 95 % dan aktivitas siswa 93.75%. Data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Snowball Throwing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Nina Nurhasanah, M. Pd ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 31 Oct 2019 10:28
Last Modified: 31 Oct 2019 10:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item