PENGARUH POTENSI DIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI YANG DIMEDIASI OLEH PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA PADA SMK NEGERI DI JAKARTA SELATAN

RIZKY PRATAMA, . (2020) PENGARUH POTENSI DIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI YANG DIMEDIASI OLEH PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA PADA SMK NEGERI DI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Potensi Diri, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi melalui mediasi Prestasi Belajar pada siswa SMKN di Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 143 siswa dari dua yaitu SMKN 6 Jakarta dan SMKN 15 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 104 siswa. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan analisis jalur (path analysis). Data dikatakan berdistribusi normal dan linier. Pada hasil uji final yaitu analisis jalur didapatkan, 1) terdapat pengaruh pada Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada Potensi Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada Prestasi Belajar Siswa terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. 4) Tidak terdapat pengaruh pada Potensi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. 5) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. 6) Tidak terdapat pengaruh pada Potensi Diri terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan mediasi Prestasi Belajar Siswa. 7) Tidak terdapat pengaruh pada Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan mediasi Prestasi Belajar Siswa ** This study aims to determine the effect of Self Potential, Socio-Economic Status of Parents on Interest in Continuing Education to Higher Education through mediation of Learning Achievement in VHS students in South Jakarta. The population in this study were 143 students from two namely SMKN 6 Jakarta and SMKN 15 Jakarta. The sampling technique uses simple random sampling to obtain a sample of 104 students.. The data is said to be normally distributed and linear. Based on the results test of the path analysis test obtained, 1) there is an influence on There is a positive and significant effect on the Potential of Self on Interest in Continuing Education to Higher Education. 2) There is no significant effect on parents' socioeconomic status on their interest in continuing education to tertiary institutions. 3) There is a positive and significant influence on Student Achievement on Interest in Continuing Education to Higher Education. 4) There is no influence on Self Potential on Student Learning Achievement. 5) There is a negative and significant influence on Parents' Socio-Economic Status on Student Learning Achievement. 6) There is no influence on Self Potential on Interest in Continuing Education to Higher Education with mediation of Student Learning Achievement. 7) There is no influence on the Parental Socio-Economic Status of Interest in Continuing Education to Higher Education by mediating Student Achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Mardi, M.Si. 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 5012 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:20
Last Modified: 07 Sep 2020 11:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item