ANASHA CITRA MELATI, . (2020) MEDIA PEMBELAJARAN GAWAI ASA (AKU SUKA ALFABET) UNTUK MEMBANTU MENGENAL HURUF BAGI ANAK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (421kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (686kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (400kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran gawai untuk membantu mengenal huruf bagi anak dengan autisme dengan sistem Android. Media pembelajaran ini dirancang dan dikembangkan tanpa adanya penelitian dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Sugiyono. Teknik evaluasi yang digunakan yaitu expert review, dengan cara menghadirkan ahli media dan ahli materi guna meningkatkan kualitas media. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media gawai ASA akan layak untuk dipergunakan di sekolah maupun di rumah sebagai media pembelajaran dalam materi mengenal huruf. Hasil ini menunjukkan bahwa menggunakan media gawai ASA merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak yang belum mengenal huruf sepenuhnya maupun sebagian khususnya untuk anak dengan autisme. Serta, media gawai ASA tidak hanya dapat digunakan untuk anak dengan autisme saja tetapi juga dapat digunakan oleh semua anak. Kata kunci: media pembelajaran, gawai, kemampuan mengenal huruf, anak dengan autisme This learning media development aims to produce a learning media device to help the ability to recognize letters for children with autism using Android system. This instructional media model is designed and developed without any research, but using development procedures according to Sugiyono. The evaluation technique used is expert review, by presenting media experts and material experts to improve the quality of the media. The evaluation results show that ASA will be appropriate to be used in schools and at home as learning media to recognize letters. These results indicate that using ASA is one of the right ways to improve the ability to recognize letters for children who do not recognize letters fully or in part, especially for children with autism. Also, ASA can not only be used for children with autism but can also be used by all children. Keywords: media development, device, ability to recognize letters, children with autism
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed 2). Drs. Bahrudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 5474 not found. |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 10:13 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 10:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9636 |
Actions (login required)
View Item |