PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

CLARA PRAMESTHI, . (2020) PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK CLARA PRAMESTHI, Pengaruh Harga, Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Univesitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga, citra merek dan iklan dengan keputusan pembelian smartphone Oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 150 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 23,016 + 0,499 X1 + 0,373 X2 + 0,218 X3. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,100, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200 dan X3 bernilai sebesar 0,84. Karena tingkat signifikansi keempat variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, Y atas X2 dan Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki hubungan yang linier. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,320 dan ttabel = 1,65536, Y atas X2 thitung= 3,338 dan ttabel = 1,65536 dan Y atas X3 thitung = 3,148 dan ttabel = 1,65536. Nilai koefisien korelasi antara variabel harga (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,475, citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,485 dan nilai koefisien korelasi antara variabel iklan (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,292. Jadi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga dengan keputusan pembelian, serta hubungan positif dan signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklan dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga, citra merek dan iklan dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1, X2 dan X3 yang diperoleh sebesar 0,333 yang menunjukkan bahwa 33,3% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh harga, citra merek dan iklan. Sementara itu, sisanya 66,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Citra Merek, Iklan ABSTRACT CLARA PRAMESTHI, The Effect of Price, Brand Image and Advertisement towards Student's Purchase Decision of Oppo Smartphone in the Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta The purpose of this study is to determine the correlation between price, brand image and advertisement with purchase decisions smartphone Oppo in the Faculty Economics, Universitas Negeri Jakarta. This research was conducted at the Faculty of Economics, Jakarta State University, for 6 months starting from January to June 2020. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are all student in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The sampling technique used technique of purposive sampling as many as 150 people. The resulting regression equation is Y = 23,016 + 0.499 X1 + 0.373 X2 + 0.218 X3. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,100, X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200 and X3 equal to 0,84. Because the significance level is > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Testing linearity of regression Y on X1, Y on X2 and Y on X3 yields a significance value on Linearity, that is 0,000 < 0.05, so it is concluded that it has a linear relationship. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting Y on X1 thitung = 3.320 and ttable = 1.65536, Y on X2 thitung = 3.338 and ttable = 1.65536 and Y on X3 thitung = 3.148 and ttable = 1.65536. The value of correlation coefficient between variable of price variable (X1) to the purchase decision (Y) equal to 0.475, brand image (X2) to the purchase decision (Y) equal to 0.485 and the value of the balance coefficient between the advertising variable (X3) to the purchase decision (Y) equal to 0.292. So, there is a positive and significant relationship between price and purchasing decisions, as well as a positive and significant relationship between brand image and purchasing decisions and there is a positive and significant relationship between advertisement and purchasing decisions. Thus, it can conclude a positive and significant relationship between price, brand image and advertisement with purchasing decisions. The coefficient of determination Y on X1, X2 and X3 obtained by 0.333 indicating that 33.3% variable purchase decision is determined by the price, brand image and advertisement. Meanwhile, the remaining 66.7% is influenced by other factors. Keyword: Purchase Decision, Price, Brand Image, Advertisement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurdin Hidayat, M.M, M.Si 2). Ryna Parlyna, MBA
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 4673 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:42
Last Modified: 07 Sep 2020 11:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9667

Actions (login required)

View Item View Item