PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA MAHASISWA DI JAKARTA

MAUDY RAGILIA ANDRIANI, . (2020) PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA MAHASISWA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra merek, kesadaran merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone iphone pada mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Jakarta , selama enam bulan dari bulan januari hingga bulan juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah konsumen smartphone iphonepada mahasiswa di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 202 orang . Persamaan regresi yang dihasilkan adalahŶ = 22,572 + 0,093 X1 + 0,895 X2 + 0,082 X3. Uji persyaratan analisis adalah uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikansi Y bernilai sebesar 0,055 , X1 bernilai sebesar 0,53, X2 bernilai 0,200, dan X3 bernilai 0,058sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, Y atas X2, dan Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi pada linieritas yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan memiliki hubungan yang linier. Selanjutnya dilanjutkan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 2,976 dan ttabel = 1,65259, Y atas X2 thitung = 31,265 dan ttabel = 1,65259, Y atas X3 thitung = 3,314 dan ttabel = 1,65259. Nilai koefien korelasi antara citra merek (X1) dengan keputusan pembelian (Y) adalah 0,588, kesadaran merek (X2) dengan keputusan pembelian (Y) adalah 0,941, dan kualitas produk (X3) dengan keputusan pembelian (Y) adalah 0,314. Jadi terdapat hubungan positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian. Begitupun dengan antara kesadaran merek terhadap keputusan pembelian menghasilkan hubungan yang positif. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pula antara kualitas produk dengan keputusan pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara citra merek, kesadaran merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1 ,X2, X3 yang diperoleh sebesar 0,896yang menunjukkan bahwa 89,6% variabel keputusan pembelian dipengaruhi olehcitra merek,kesadaran merek,dan kualitas produk sedangkan 10,4%lainnya dipengaruhi variabel lain. ** The purpose of this study was to determine the relationship between brand image, brand awareness, and product quality on iPhone smartphone purchasing decisions among students in Jakarta. This research was conducted in Jakarta, for six months from January to June 2020. The research method that researchers used was a survey method with a correlational approach, the population used was iPhone smartphone consumers among students in Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling of 202 people. The resulting regression equation is Ŷ = 22.572 + 0.093 X1 + 0.895 X2 + 0.082 X3. The analysis requirements test is the normality test using the Kolmogrov-Smirnov test with a significance level (α) = 5% or 0.05 and produces a significance level of Y with a value of 0.055, X1 is 0.53, X2 is 0.200, and X3 is 0.058. It is concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. The regression linearity test of Y on X1, Y on X2, and Y on X3 resulted in a significance value on linearity, namely 0.000 <0.05, so it can be concluded that it has a linear relationship. Then proceed with the t test and produce Y on X1 tcount = 2.976 and ttable = 1.65259, Y on X2 tcount = 31.265 and ttable = 1.65259, Y on X3 tcount = 3,314 and ttable = 1.65259. The correlation coefficient value between brand image (X1) and purchase decision (Y) is 0.588, brand awareness (X2) and purchase decision (Y) is 0.941, and product quality (X3) and purchase decision (Y) is 0.314. So there is a positive and significant relationship between brand image and purchasing decisions. Likewise, brand awareness of purchasing decisions produces a positive relationship. There is also a positive and significant relationship between product quality and purchasing decisions. Thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between brand image, brand awareness, and product quality on purchasing decisions. The coefficient of Y determination on X1, X2, X3 obtained is 0.896 which indicates that 89.6% of the purchasing decision variable is influenced by brand image, brand awareness , and product quality while the other 10.4% is influenced by other variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Nurdin Hidayat, M.M,M.Si 2) Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 5670 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 13:14
Last Modified: 07 Sep 2020 13:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item