PERBEDAAN DISIPLIN BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

HANIF FARHAN NUGROHO, . (2020) PERBEDAAN DISIPLIN BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disiplin belajar diperlukan untuk mencapai tujuan akademik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan disiplin belajar ditinjau dari pola asuh orang tua pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode komparasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur disiplin belajar adalah Academic Self-Discipline yang diadaptasi dari Fatih SAL (α = 0,746), sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kategori pola asuh adalah Scale of Parenting Style yang diadaptasi dari Kunnathodi Abdul Gafoor & Abidha Kurukkan (responsiveness α = 0,891 & control α = 0,927). Sampel pada penelitian ini berjumlah 268 orang yang memiliki rentang usia dari 17 tahun sampai 23 tahun dan diambil menggunakan teknik convenience sampling. Perhitungan statistik yang digunakan adalah one way anova dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan disiplin belajar ditinjau dari pola asuh orang tua pada mahasiswa (p > 0,05). For students, learning discipline is needed to achieve their academic goals. This study aimed to determine differences in the learning discipline based on parenting styles in students. The approach used in this study was quantitative with the comparative method. The instrument used to measure learning discipline was Academic Self-Discipline adapted from Fatih SAL (α = 0.746), while the instrument used to measure the parenting style category was the Scale of Parenting Style adapted from Kunnathodi Abdul Gafoor & Abidha Kurukkan (responsiveness α = 0.891 & control α = 0.927). The sample in this study was 268 people with an age range from 17 years old to 23 years old and was selected using a convenience sampling technique. The statistical calculation used was One Way ANOVA with the help of the SPSS 22 application. The results of this study showed that there was no difference in learning discipline based on parenting styles in students (p > 0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Deasyanti, Ph.D. ; 2). Erik, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 6096 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 11:27
Last Modified: 08 Sep 2020 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item