EVALUASI PROGRAM PENULISAN SOAL LEVEL TAKSONOMI BLOOM MENGGUNAKAN APLIKASI SIAP (PENGGABUNGAN MODEL EVALUASI ALKIN DAN MODEL EVALUASI KIRKPATRICK)

MUHARDIS, . (2020) EVALUASI PROGRAM PENULISAN SOAL LEVEL TAKSONOMI BLOOM MENGGUNAKAN APLIKASI SIAP (PENGGABUNGAN MODEL EVALUASI ALKIN DAN MODEL EVALUASI KIRKPATRICK). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi program penulisan soal level taksonomi Bloom menggunakan aplikasi SIAP dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai keberhasilan program dilihat dari komponen model evaluasi Alkin dan model evaluasi Kirkpatrick sehingga dapat memberikan rekomendasi kepada pemangku kebijakan, baik pada tataran Pusmenjar maupun Balitbangbuk. Jenis penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjaring data berhubungan dengan empat level model evaluasi Kirkpatrick dan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data mengenai lima tahap evaluasi model Alkin. Penelitian dilakukan di Pusmenjar, Balitbangbuk, Kemdikbud, dengan responden guru-guru se-Indonesia yang menjadi penulis soal Pusmenjar. Kuesioner yang digunakan berbasis digital, yakni peserta program penulisan soal mengisi kuesioner melalui laman yang telah disediakan di aplikasi SIAP (Sistem Informasi Aplikasi Penilaian). Hasil yang didapatkan ialah fitur aplikasi SIAP sudah lengkap (44.6%), tulisannya terbaca (57.8%), dan mudah digunakan (43.9%). Artinya, peserta merasa terbantu menulis soal dengan adanya aplikasi SIAP. Hal yang perlu ditingkatkan ke depannya ialah penggunaan equation, tabel, gambar, dan penggunaan bahasa Asing yang tersingkronisasi dengan aplikasi Ms. Word dan Ms. Excell. Penanggung jawab Kegiatan pun harus menganalisis kembali kebutuhan tersebut, merencanakan langkah perbaikan agar program penulisan soal tahun berikutnya menjadi lebih baik. Kata kunci: evaluasi program, penulisan soal, model evaluasi Alkin, model evaluasi Kirkpatrick, aplikasi SIAP The evaluation of item writing program Bloom taxonomy level based SIAP application is carried out to obtain information about the goals of the program seen from the components of the Alkin’s evaluation model and the Kirkpatrick’s evaluation model so that it can provide recommendations to policy makers, both at the Pusmenjar and Balitbangbuk levels. This is evaluation research using quantitative methods to collect data related to the four levels of Kirkpatrick’s evaluation models and qualitative methods to obtain data on the five stages of evaluation of the Alkin’s model. The study was conducted in Pusmenjar, Balitbangbuk, Ministry of education and culture, with respondents from Indonesian teachers who were writers on Pusmenjar. The questionnaire used is digital based, namely the participants writing items to fill out the questionnaire through the page that has been provided in the SIAP (Sistem Informasi Aplikasi Penilaian) application. The results obtained are the SIAP application features are complete (44.6% Agree), the writing is legible (57.8% Agree), and easy to use (43.9% Agree). That is, participants found it helpfull to write item with the SIAP application. What needs to be improved in the future is the use of equations, tables, figures, and foreign languages that are synchronized with Ms. Word and Ms. Excel. The person in charge of materials must also re-analyze these needs, plan corrective steps so that the next year’s problem writing program becomes better. Keywords: program evaluation, item writing, Alkin’s evaluation model, Kirkpatrick’s evaluation model, SIAP application

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Burhanuddin Tola, M.A. ; 2). Herwindo Haribowo, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 5010 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 10:34
Last Modified: 07 Sep 2020 13:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item