MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 010 PAGI JAKARTA TIMUR

DEVI ELZA TARULI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 010 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model PAKEM pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 010 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (obeserve), dan refleksi (reflect). Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 55%, sedangkan pada siklus II mencapai 90% dari jumlah siswa. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa melalui model PAKEM pada siklus I mencapai 70,8% dan mengalami peningkatan menjadi 89,55% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model PAKEM dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 010 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan model PAKEM untuk dapat mengembangkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Nov 2019 14:01
Last Modified: 01 Nov 2019 14:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item