PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI JAKARTA

NABILA MUTIA ARISKA, . (2020) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Surat Pernyataan Publikasi_Nabila Mutia Ariska.pdf

Download (132kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa tahun pertama di Jakarta, dan juga mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Populasi dalam penelitian kuantitatif ini adalah seluruh mahasiswa tahun pertama di Jakarta. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di UNJ yang berjumlah 169 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Metode statistik yang digunakan penelitian ini adalah analisis regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik sebesar 46%. Hubungan tersebut arahnya adalah negatif atau tidak searah yang mengartikan bahwa, apabila dukungan sosial tinggi, maka stres akademik rendah. This study aims to determine whether there is an influence of social support on academic stress on first-year students in Jakarta, and also to know how much influence. The population in this quantitative study were all first-year students in Jakarta. The sample in this study were 169 first-year students at UNJ, obtained using purposive sampling techniques. The statistical method used in this study is one predictor regression analysis. Based on the results of data analysis, there is an influence of social support on academic stress by 46%. The relationship is negative or unidirectional which means that, if social support is high, academic stress is low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D. ; 2). Santi Yudhistira, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 6134 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 14:44
Last Modified: 16 Sep 2020 14:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item