Teknik Pengajaran Kata Bantu Bilangan Bahasa Mandarin Berbasis Analisis Kesalahan

Ayu Trihardini, . (2015) Teknik Pengajaran Kata Bantu Bilangan Bahasa Mandarin Berbasis Analisis Kesalahan. In: Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya, Universitas Indonesia.

[img] Text
Ayu Trihardini Abstrak ARTIKEL SEMINAR NASIONAL Teknik Pengajaran Kata Bantu Bilangan Bahasa Mandarin Berbasis Analisis Kesalahan 2015 Mandarin.pdf

Download (30kB)

Abstract

Setiap bahasa selain bersifat universal, juga bersifat unik. Salah satu keunikan yang dimiliki bahasa Mandarin yaitu kaya akan kata bantu bilangan. Pembahasan khusus mengenai kekhasan kata bantu bilangan di dalam materi ajar bahasa Mandarin, baik mengenai jumlahnya serta kaidah penggunaannya, masih sangat terbatas. Minimnya pengetahuan siswa mengenai keunikan bahasa Mandarin dan kata bantu bilangan ditengarai merupakan penyebab terjadinya kesalahan dalam penggunaan kata tersebut. Pengembangan materi ajar mengenai kata bantu bilangan bahasa Mandarin perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pengajaran kata bantu bilangan bahasa Mandarin yang efektif bagi siswa tingkat prapemula (CEFR A1) pada Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNJ, berbasis analisis kesalahan siswa. Teknik pengajaran berbasis analisis kesalahan, merupakan upaya peneliti dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pemahaman siswa terhadap kata bantu bilangan bahasa Mandarin. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) studi pendahuluan mencakupi studi kepustakaan, studi lapangan dan analisis kesalahan, (2) perencanaan pengembangan teknik pengajaran berdasarkan hasil analisis kesalahan, (3) implementasi teknik pengajaran dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik pengajaran kata bantu berbasis analisis kesalahan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran bahasa Mandarin, kata bantu bilangan, analisis kesalahan
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 61 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2019 13:44
Last Modified: 05 Nov 2019 13:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item