PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BELAJAR MANDIRI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KOMITMEN PROFESI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI JAKARTA SELATAN

FADLIAH, . (2019) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BELAJAR MANDIRI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KOMITMEN PROFESI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI JAKARTA SELATAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Srt Persetujuan Publikasi.pdf.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Cover.pdf.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Surat Originalitas Bermaterai.pdf.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh gaya kepemimpinan, belajar mandiri, dan kompetensi pedagogik terhadap komitmen profesi guru Taman Kanak-Kanak di Jakarta Selatan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survey. Sampel penelitian ini terdiri atas 95 orang guru secara acak. Teknik pengambilan data menggunakan instumen pada kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan, belajar mandiri, dan kompetensi pedagogik secara langsung berpengaruh positif terhadap komitmen profesi. Kedua, gaya kepemimpinan dan belajar mandiri secara langsung berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik. Ketiga, gaya kepemimpinan secara langsung berpengaruh positif terhadap belajar mandiri. Keempat, Pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan dan belajar mandiri terhadap komitmen profesi melalui kompetensi pedagogik dan pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap komitmen profesi melalui belajar mandiri memperkuat model jalur. Komitmen profesi adalah salah satu faktor penting yang menentukan perilaku seseorang dan menunjukkan loyalitas dan keterikatannya pada pekerjaannya. Definisi komitmen profesi terdiri dari tiga dimensi yaitu afektif, berkelanjutan dan normatif. Komitmen profesi adalah rasa mengenali dan membutuhkan untuk melanjutkan pekerjaan dan tanggung jawab yang penuh. Karena itu, untuk meningkatkan komitmen profesi adalah penting dengan meningkatkan gaya kepemimpinan yang kuat, kesadaran belajar mandiri dan kompetensi pedagogik. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa komitmen profesi guru Taman Kanak-Kanak di Jakarta Selatan dapat ditingkatkan melalui peningkatan gaya kepemiminan, belajar mandiri dan kompetensi pedagogik. Implikasi dan keterbatasan dalam penelitian ini terbuka untuk menerima masukan untuk penelitan selanjutnya. Kata Kunci: gaya kepemimpinan, belajar mandiri, kompetensi pedagogik dan komitmen profesi ABSTRACT The purpose of this study is to investigate the effect of the leadership style, self - learning and pedagogical competence on professional commitment of the kindergarten teachers at South Jakarta. Quantitative approach used in this research with survey methods. The samples of this research were ninety-five teachers randomly. The data collection techniques using the instrument in the form of questionnaire and analyzed by using path analysis. Based on the result of data analysis it is concluded as follows: First: the leadership style, self-learning and pedagogical competence had a positive direct effect on professional commitment. Second: the leadership style and self- learning had a positive direct effect on pedagogical competence. Third: the leadership style had a positive direct effect on self-learning. Fourth: Professional commitment is one of important factors that determining behavior of persons and consider from management and training environment. Definition from professional commitment determine three dimensions for affective, continuous and normative professional commitment. Professional commitment is sense of identifying and necessity to continuous work in a job and high responsibility. Therefore, to improve professional commitment is important by improving the strong leadership style, the willingness of self-learning and pedagogical competence. Based on these findings can be concluded that the Kindergarten teacher’s professional commitment at South Jakarta can be enhanced through improving the leadership style, self-learning and pedagogical competence. Implications and limitations of the study are discussed along with suggestions for future research. Keywords:leadership style, self-learning and pedagogical competence and professional commitment

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi 2). Prof. Dr. Ma'ruf Akbar, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 5900 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 17:29
Last Modified: 08 Sep 2020 17:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item