MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA TUNADAKSA KELAS 2 SD MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK DENGAN LILIN DI SLB D YPAC JAKARTA

DIBA MULIA RIZKI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA TUNADAKSA KELAS 2 SD MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK DENGAN LILIN DI SLB D YPAC JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
JURNAL DIBA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
SKRIPSI DIBA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan membentuk dengan lilin bagi anak tunadaksa dikelas 2 SLBD YPAC Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SLBD YPAC Jakarta sebanyak 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Desember pada semester I di SLBD YPAC Jakarta. Penelitian ini menggunakan II siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 7 kali dan 5 kali pertemuan yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum melangkah pada siklus I dan siklus II, terlebih dahulu diadakan pengamatan dalam kegiatan menulis, hal ini dilakukan untuk memperoleh data awal yang nantinya akan dibandingkan dengan data akhir pada siklus II dengan kriteria ketuntasan minimal 65% dari semua aspek yang harus dikuasi siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase kemampuan menulis permulaan siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan membentuk dengan lilin yang dilaksananakan dalam penelitian ini, dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan bagi siswa tunadaksa di SLBD YPAC Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Dra. Irah Kasirah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2019 15:48
Last Modified: 01 Nov 2019 15:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item