PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMUKUL BOLA SOFTBALL (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Islam L’Pina Jakarta Timur Tahun 2017)

ACHMADI SUGIANTO, . (2018) PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMUKUL BOLA SOFTBALL (Studi Eksperimen Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Islam L’Pina Jakarta Timur Tahun 2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. Lembar Perbaikan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. Lembar persetujuan Yudisium.pdf

Download (227kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar Tesis.pdf

Download (462kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (843kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (885kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
14. HASIL UJI COBA INSTRUMEN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
17. Riwayat Hidup.pdf

Download (21kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan bagian, metode latihan keseluruhan dan koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan memukul bola Softball. Penelitian ini dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler Softball SMP Islam L’Pina Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 36 atlet. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = .05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa yang dilatih dengan metode latihan bagian memiliki hasil keterampilan memukul bola Softball yang lebih baik dari pada siswa yang dilatih dengan metode latihan keseluruhan, 2) Terdapat interaksi yang signifikan antara metode latihan dan koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan memukul bola Softball, 3) Pada siswa dengan koordinasi mata-tangan tinggi siswa yang dilatih dengan metode latihan bagian memiliki hasil keterampilan memukul bola softball yang lebih baik dari siswa yang dilatih dengan metode latihan keseluruhan, 4) Pada siswa dengan koordinasi mata-tangan rendah, siswa yang dilatih dengan metode latihan keseluruhan dan pada siswa yang dilatih dengan metode latihan bagian tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil keterampilan memukul bola Softball.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd 2) Dr. Widiastuti, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 03 Oct 2019 14:37
Last Modified: 03 Oct 2019 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item