PENGARUH MEDIA IKLAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 165 JAKARTA / THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSEMENT OF ADVERTISEMENT ON THE PERSUASIVE TEXT WRITING ABILITY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF 165 JUNIOR SECONDARY SCHOOL(Penelitian pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2019/2020 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni)

FAJRIANI TSULASI, . (2020) PENGARUH MEDIA IKLAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 165 JAKARTA / THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSEMENT OF ADVERTISEMENT ON THE PERSUASIVE TEXT WRITING ABILITY OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF 165 JUNIOR SECONDARY SCHOOL(Penelitian pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2019/2020 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 - COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 -BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04 - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
05 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
06 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
07 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
08 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Iklan Celebrity Endorser terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 165 Jakata. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni tahun 2020. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group Pretest dan Posttest. Populasi terdiri dari seluruh siswa yang tercatat dalam kelas VIII SMP Negeri 165 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan 25 siswa dari kelas eksperimen. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest menulis teks persuasi kelas eksperimen. Melalui uji normalitas dihasilkan penghitungan Lo sebesar 0,104015 berdasarkan distribusi dengan dk = 25 dengan taraf signifikasi (ɑ) 0,05 dan Ltabel sebesar 0,1772 untuk kelas eksperimen pada hasil pretest dan uji normalitas pada hasil posttest kelas eksperimen dihasilkan penghitungan Lo sebesar 0,1162934 berdasarkan distribusi dengan dk = 25 dengan taraf signifikasi (ɑ) 0,05 dan Ltabel sebesar 0,1772, dari hasil tersebut diperoleh Lo < Ltabel. Dengan demikian, populasi berdistribusi normal. Melalui uji homogenitas diperoleh penghitungan Fhitung sebesar 1,231821 berdasarkan distribusi dk = 25 dan taraf signifikasi (ɑ) 0,05 diperoleh Ftabel sebesar 1,983 dari hasil tersebut diperoleh Fhitung < Ftabel. Berdasarkan data tersebut, populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan penghitungan Uji-t diperoleh Thitung sebesar 6,57 pada dk = 23 dalam taraf signifikasi (ɑ) 0,05, dan Ttabel diperoleh 2,069. Maka 6,57 > 2,069 sehingga Hɑ diterima dan Ho ditolak. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks persuasi kelas eksperimen pada hasil posttest adalah 90,3. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh media Iklan Celebrity Endorser terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 165 Jakarta. Pemanfaatan Media Iklan Celebrity Endorser dapat diimplikasikan terhadap teks lainnya, salah satunya teks iklan. This study aims to determine the effect of Celebrity Endorser Advertising media on the ability to write persuasive texts in seventh grade students of SMP Negeri 165 Jakata. This research was conducted in June 2020. This research method is an experimental method with one group pretest and posttest research design. The population consists of all students registered in class VIII of SMP NEGERI 165 Jakarta. Sampling was carried out with 25 students from the experimental class. The research instruments were pretest and posttest writing persuasion texts for the experimental class. Through the normality test the Lo calculation is 0,104015 based on the distribution with dk = 25 with a significance level (ɑ) 0.05 and a Ltable of 0.1772 for the experimental class on the pretest results and the normality test on the posttest experimental class results in the Lo calculation of 0,1162934 based on distribution with dk = 25 with a significance level (ɑ) 0.05 and Ltable of 0.1772, from these results obtained Lo < Ltable. Thus, the population is normally distributed. Through the homogeneity test the Fcount calculation is 1,231821 based on the distribution dk = 25 and the significance level (ɑ) 0.05 is obtained by the Ftable of 1,983 from the results obtained by Fcount < Ftable. Based on these data, the population has a homogeneous variance. Based on the t-test calculation, the tcount is 6,57 at dk = 23 in the significance level (dalam) 0.05, and the ttable is 2.069. Then 6,57 > 2,069 so that Hɑ is accepted and Ho is rejected. The average value of writing skills persuasion experimental class on the posttest results is 90,3. It can be concluded that there is an influence of Celebrity Endorser Ads media on the ability to write persuasion texts for Grade VIII students of SMP NEGERI 165 Jakarta. Utilization of Celebrity Endorser Advertising Media can be implicated on other texts, one of which is ad text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil(Ling). ; 2). Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 4528 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2020 17:53
Last Modified: 15 Sep 2020 17:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item