PERAN PROGRAM THE LEADER IN MEDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA PADA SEKOLAH AN-NISAA’Studi Kasus: Pada Siswa Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’,Pondok Aren, Tangerang Selatan

Prinika Dwirini, . (2016) PERAN PROGRAM THE LEADER IN MEDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA PADA SEKOLAH AN-NISAA’Studi Kasus: Pada Siswa Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’,Pondok Aren, Tangerang Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 1 SAMPAI BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
IMG_20020403_0001.pdf

Download (452kB)

Abstract

Pembentukan karakter kepemimpinan menjadi hal yang sangat penting ditanamkan pada anak atau siswa sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, karena pada fase ini, karakter siswa masih dapat dibentuk atau diubah melalui penanaman nilai kepemimpinan yang positif, sehingga akan membentuk karakter kepemimpinan yang kuat. Hal ini bertujuan untuk membentengi diri siswa agar terjauh dari masalah-masalah sosial yang terjadi akibat dampak dari krisis moralitas seperti, premanisme, bullying, narkoba, pemerkosaan dan bahkan pembunuhan. Sehingga pembentukan karakter kepemimpinan penting untuk diajarkan melalui lembaga formal, yaitu pendidikan di sekolah sebagai proses penanaman nilai-nilai karakter kepemimpinan.Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan metodestudi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan pihak sekolah, yaitu Kepala Sekolah dan Guru Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’ dan 2 Orang tua Murid serta 3 peserta didik, dan juga 1 Direktur Dunamis Foundation, yaitu satu-satunya organisasi yang terlisensi atau memiliki izin khusus untuk memegang program The Leader in Medi Indonesia. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan,data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait secara mendalam sesuai dengan tema penelitian. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Mei 2016 di Taman Kanak-Kanak Sekolah An-Nisaa’, Pondok Aren, Tangerang Selatan.Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian inidapat disimpulkan bahwakeberhasilanperan program The Leader in Me dalam membentuk karakter kepemimpinansiswadi Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’,melalui pengembangan dan penyelarasan sistem akademik, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, dan pengembangan budaya kepemimpinan yang berdampak pada aspek sikap, tindakan, dan pengetahuan. Pada aspek sikap kepemimpinan siswa sudah mulai tumbuh dengan memiliki keberanian dan kesadaran diri sendiri untuk memimpin tanpa harus ditunjuk atau di pilih oleh pendidik. Pada aspek tindakan, siswa sudah dapat mengetahui dan berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkannya dan juga mampu mencapai goals atau tujuan mereka.Dan, Pada aspek pengetahuan, siswa sudah mampu mengetahui nilai-nilai 7 habits dan mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eman Surachman, MM ; 2). Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Sep 2020 16:08
Last Modified: 28 Sep 2020 16:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item