PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI(Penelitian Tindakan Kelas XI IIS 2 SMA Diponegoro 1 Jakarta)

RAHMAWATI MEI SHARA, . (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI(Penelitian Tindakan Kelas XI IIS 2 SMA Diponegoro 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
02 SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
03 LEMBAR_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (594kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V MEI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasilbelajar PAI siswa pada aspek kognitif dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping, pada aspek afektif dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping, dan pada aspek psikomotorik dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping.Penerapan metode pembelajaran mind mapping pada penelitian ini menggunakan teori Silberman, yaitu mind mapping merupakan cara kreatif bagi tiap siswa untukmerencanakan tugas baru, mencatat apa yang dipelajari (penilaian psikomotorik) dan menghasilkan gagasan (penilaiankognitif/ hasil belajar).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Research),dengan model penelitian Kurt Lewin yangterdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian penerapan metode mind mapping pada tiga siklus menunjukkan: 1) aspek menyelesaikan tugas mind mapping (psikomotorik) siklus I skor rata-rata lembar observasi checklist adalah 45.7%(cukup), pada siklus II skor rata-rata menjadi 76.7%(baik), dan pada siklus III skor rata-rata menjadi 90%(sangat baik); 2) aspek menjawab pertanyaan(kognitif) hasil siklus I skor rata-rata melalui perhitungan PAP 62.64 %(cukup), siklus II skor rata-rata menjadi 81.1%(tuntas), dan pada siklus III skor rata-rata menjadi 87.2%(tuntas); ) 3) aspek terampildalam presentasi (psikomotorik) hasil siklus I skor rata-rata melalui lembar observasi rubrik adalah 45%(belum terlihat), pada siklus II skor rata-rata menjadi 66.5%(mulai terlihat), dan pada siklus III skor rata-rata menjadi 75.7% (mulai berkembang). Maka dapat disimpulkanhasil belajar PAI menggunakan metode mind mapping dalam tiga siklus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Hakam, M.A. ; 2). Dr. Noor Rachmat, M.Ag.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Sep 2020 15:33
Last Modified: 30 Sep 2020 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item