PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SDN DURI KOSAMBI 07 PAGI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas III di SDN Duri Kosambi 07 Pagi Jakarta Barat)

ESTER FERAWATI, . (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SDN DURI KOSAMBI 07 PAGI (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas III di SDN Duri Kosambi 07 Pagi Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
cover, KP, Abstrak, DI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik permainan tradisional terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa kelas III SDN Duri Kosambi 07 Pagi. Penelitian dilaksanakan di kelas IIID SDN Duri Kosambi 07 Pagi pada semester I tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu siswa kelas IIID SDN Duri Kosambi 07 Pagi yang memiliki keterampilan sosial dengan kategori rendah, sejumlah delapan siswa. Desain penelitian ini berupa one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman observasi keterampilan sosial. Pedoman observasi keterampilan sosial diadaptasi oleh peneliti dari Assessment of Social Skills and Peer Relations yang dikembangkan oleh Caldarella dan Merrell. Analisis data menggunakan teknik Wilcoxon Match Pair Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.017, yang berarti lebih kecil dari nilai Signifikansi . hal ini menunjukan bahwa ditolak dan diterima, yaitu terjadi peningkatan keterampilan sosial siswa kelas IIID SDN Duri Kosambi 07 Pagi secara signifikan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik permainan tradisional. Teknik permainan tradisional dalam bimbingan kelompok dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas III SDN Duri Kosambi 07 Pagi, yang semula termasuk kategori keterampilan sosial rendah, supaya keterampilan sosial responden penelitian tidak mengalami penurunan setelah diberi treatment, selanjutnya diperlukan pembiasaan sebagai strategi, diantaranya; mengadakan kegiatan seminar atau diskusi bertema tentang cara menjaga dan meningkatkan keterampilan sosial siswa. Memberikan pujian kepada karya anak dan tidak membandingkan satu anak dengan yang lain harus konsisten dibiasakan sehingga mampu menampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr.Dr.dr Th. I. Setiawan ; 2). Karsih M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2019 12:47
Last Modified: 05 Nov 2019 12:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item