PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 51 JAKARTA)

RIZKI NUGRAHA, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 51 JAKARTA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untu mengetahui pengaruh dua strategi pembelajaran yaitu strategi active knowledge sharing dan strategi peer lesson dan kreativitas verbal terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa SMA Negeri 51 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan oktober—desember 2019. Penelitian ini melibatkan dua variabel, satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas yang pertama adalah variabel yang dimanipulasi yang disebut juga variabel eksperimental yaitu strategi pembelajaran. Sedangkan variabel yang kedua yang disebut variabel atribut adalah kreativitas verbal. Sementara, variabel terikat dalam penelitian ini adalah menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 51 Jakarta yang berjumlah sembian kelas, yang terdiri dari lima kelas MIPA dan empat kelas IIS. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling untuk menentukan kelas mana yang mendapat pembelajaran dengan strategi active knowledge sharing dan juga strategi peer lesson. Berdasarkan hasil penelitian, strategi active knowledge sharing lebih baik dari hasil rata-rata siswa dibandingkan dengan strategi peer lesson. Terdapat interaksi antara stategi pembelajaran terhadap kemampuan menulis naskah drama, karena Fhitung (17,3) lebih besar dari Ftabel (0,05;1/28) (4,11). Siswa yang memiliki kreativitas verbal rendah lebih tepat menggunakan strategi Active Knowledge Sharing dibandingkan dengan menggunakan strategi Peer Lesson dalam menulis naskah drama sedangkan untuk siswa yang memiliki kreativitas verbal tinggi, Strategi Peer Lesson lebih tepat digunakan apabila dibandingkan dengan Strategi Active Knowledge Sharing. Kata Kunci: Strategi pembelajaran dan Kreativitas Verbal – menulis naskah drama ***** This study aims to determine the effect of two learning strategies, namely the active knowledge sharing strategy and peer lesson strategy and verbal creativity on the students' ability to write drama scripts at 51Senior High SchoolJakarta. The research was conducted in October-December 2019. This study involved two variables, one independent variable and one dependent variable. The first independent variable is the manipulated variable which is also called the experimental variable, namely the learning strategy. Meanwhile, the second variable called attribute variable is verbal creativity. Meanwhile, the dependent variable in this study is writing a drama script. The population of this study were all students of class XI, 51Senior High SchoolJakarta, totaling nine classes, consisting of five Mathematics and Natural Sciences classes and four IIS classes. Sampling is done by random sampling to determine which class gets learning with the active knowledge sharing strategy and peer lesson strategy.Based on the research results, the active knowledge sharing strategy is better than the average student's results compared to the peer lesson strategy. There is an interaction between learning strategies and the ability to write drama scripts, because Fcount (17.3) is greater than Ftable (0.05; 1/28) (4.11). Students who have low verbal creativity are more appropriate to use the Active Knowledge Sharing strategy compared to using the Peer Lesson strategy in writing drama scripts while for students who have high verbal creativity, the Peer Lesson Strategy is more appropriate when compared to the Active Knowledge Sharing Strategy.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Dr. Shafruddin Tadjuddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 6974 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:24
Last Modified: 02 Nov 2020 09:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item