PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PANCASILA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD PADA TEMA 5 "PAHLAWANKU"

CHRISTINA WIJAYANTI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PANCASILA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD PADA TEMA 5 "PAHLAWANKU". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ludo Pancasila berbasis pendidikan karakter dalam PPKn di kelas IV SD pada tema 5 “Pahlawanku”. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat pada bulan Oktober 2019 sampai Februari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, guru kelas IV SD, dan peserta didik kelas IV SDN Bendungan Hilir 01 Jakarta Pusat yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Ludo Pancasila di kelas IV SD dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut para ahli sebesar 96.31% dan kuesioner peserta didik sebesar 93%. Media pembelajaran Ludo Pancasila ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam PPKn di kelas IV SD. This development research aims to develop Ludo Pancasila learning media based on character education in PPKn in grade IV elementary school on theme 5 "Pahlawanku". The study was conducted in class IV SDN Bendungan Hilir 01, Central Jakarta in October 2019 to February 2020. The research method used was the research and development (R&D) method with the ADDIE development model. There are five stages carried out in this development, namely the analysis, planning, development, implementation, and evaluation stages. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. Respondents in this development include one material expert lecturer, one media expert lecturer, one language expert lecturer, fourth grade elementary school teacher, and fourth grade students at Bendungan Hilir 01 Central Jakarta Elementary School, totaling 28 people. The results showed that the learning media of Ludo Pancasila in grade IV elementary school was considered to be very good, this can be seen from the average value according to the experts at 96.31% and the student questionnaire at 93%. Ludo Pancasila learning media is included in the criteria very well, so it is feasible to be used as learning media in PPKn in grade IV elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7128 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2020 14:37
Last Modified: 22 Oct 2020 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item