MELINDA SARI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN "LIKA-LIKU" DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Papan Permainan “Lika-Liku” dalam Pembelajaran Berbicara pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan sebuah media inovatif yang dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Dikarenakan adanya pandemi covid-19 media pembelajaran papan permainan “Lika-Liku” ini di uji cobakan hanya pada tahap uji ahli yaitu oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 93,75% untuk ahli media, 93,75% untuk ahli materi dan 100% untuk ahli bahasa, sehingga keseluruhan hasil uji coba pada tahap ini memperoleh nilai rata-rata 96%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran papan permainan “Lika-Liku” sudah tepat sasaran dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar. The research and development main goal is to produce or create learning media in form of a board game called “Lika-Liku” which is used in communication learning for grade IV elementary school students. From the trial data analisist we can conclude that teacher need innovative tools and methods to enchace students ability to communicate. This research and development use ADDIE research method (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Due to the covid-19 pandemic the user trial only reviewed by expert review: media, material, and linguist and the average score is 93,75% for media experts, 93,75% for material expert, and 100% for linguist expert, so the whole trial on this stage achieved 96% score in average.These facts show that board game learning media “Lika-Liku” is a suitable and proper tool to increase grade IV students skill in communication.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 7061 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 17:53 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 17:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11621 |
Actions (login required)
View Item |