UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING ABILITY) ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN DI LUAR RUANGAN (OUTDOOR PLAYING)

AINUS SHOLICHAH RAHMAN, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING ABILITY) ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN DI LUAR RUANGAN (OUTDOOR PLAYING). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAK WM.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Lampiran Edited.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
00 Cover deal.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Repository.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Ar Rahman Kids. Penelitian ini merupakan penelitian Action Research (AR) dengan metode pendekatan bermain di luar ruangan yang dilakukan berkolaborasi antara peneliti, kolaborator dan guru melalui dua siklus, satu siklus masing-masing lima kali pertemuan, terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak TK Ar Rahman Kids usia 4-5 tahun sejumlah 14 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek Penelitian adalah kemampuan berbicara anak yang ditekankan pada aspek peningkatan kosakata, pelafalan yang tepat, struktur kalimat yang benar, kefasihan dan pemahaman. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi (check list), dokumentasi dan video. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penghitungan kuantitatif hanya untuk mengetahui signifikansi persentase peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak setelah diberikan berbagai pengalaman bermain di luar kelas dengan media, tehnik dan jenis permainan yang baru dan berbeda. Hasil pra-tindakan menunjukkan kemampuan berbicara anak mendapatkan skor 51%. Peningkatan pada siklus 1 selama 5 hari pertemuan mengalami kenaikan menjadi 68,7% dan siklus II meningkat pesat menjadi 83,8% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan melalui bermain di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Implikasi hasil penelitian ini secara teoritis adalah bahwa metode ini dapat dijadikan alternatif pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Untuk itu diarankan pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan keadaan sekolah, kesanggupan guru dan kondisi atau kesediaan anak. Keywords: Kemampuan berbicara, bermain, bermain luar ruangan (outdoor playing) pengalaman. ************** ABSTRACT This reserch aims to improve the ability of speaking children’s aged 4-5 years in TK Ar Rahman Kids. The type of research used is Action Research (AR) with the outdoor playing approach that taken collaboratively between researchers, collaborator and teachers. The subject of this study is children with age 4-5 years were 14 children consisting of 7 boys and 7 girls. The object of this research is children’s speaking ability. The technique of collecting data through sheet observation (check list), documentation and video. The data analysis technique was done descriptively and quantitative. Quantitative calculation is only to know the significance of the percentage increase. The results of this study indicate an increase in children's speaking ability after being given a variety of play experiences outside the classroom with new and different media, techniques and types of games. The result of observations on pre-action show that children speaking ability the average score is 51%. In the first cycle during the 5-day get up to be 68,7% and the second cycle increase get up to be 83,8%. So, it can be concluded that the application of teaching through outdoor playing can improve children’s speaking ability. The implications of this research can be used as an alternative to improve the speaking ability of children aged 4-5 years. It is suggested that is implementation can be tailored to a state school, teacher capability and willingness of the child. Keywords: speaking ability, playing, outdoor playing, experience.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Edwita, M.Pd. ; 2). Dr. Ir. Mahdiyah, M.Kes.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4494 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2020 11:16
Last Modified: 22 Dec 2020 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item