Muhamad Sholeh, . (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH Suatu Studi di Kota Bontang dan Kabupaten Sidoarjo). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI sholeh-converted.pdf Download (91kB) |
Abstract
Evaluasi implementasi kebijakan program penyiapan calon kepala sekolah diharapkan dapat memberi masukan kepada pemerintah dengan memberi penguatan pengambilan kebijakan untuk keberhasilan kebijakan penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah yang telah dilaksanakan. Kepala sekolah sebagai pimpinan diharapkan mampu menjadi penyumbang keberhasilan dalam penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik pendidikan Indonesia. Keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ditentukan oleh profesionalisme dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi sebagai kepala sekolah. Untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah, maka sangat penting dilakukan penyiapan seleksi calon kepala sekolah. Penerapan sistem seleksi yang baik diharapkan dapat menghasilkan calon kepala sekolah yang memiliki kredibiltas tinggi, hal ini menjadi sangat penting pada era pendidikan saat ini. Studi evaluasi kebijakan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap dan mengkaji program tersebut dapat diimplementasikan, dan sejauhmana ketercapaian tujuan program seperti yang ditetapkan, serta untuk mengetahui kendala dalam implementasi program tersebut. Model penelitian evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model DEM (Discrepancy Evaluation Model), yang disebut juga model evaluasi kesenjangan. Setelah dilakukan evaluasi bahwa hasil evaluasi program penyiapan calon kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bontang dan Kabupaten Sidoarjo, pada aspek perencanaan, proses, efektifitas, dan implikasi berjalan cukup efektif. Kebijakan penugasan guru sebagai kepala sekolah pada program penyiapan calon kepala sekolah terus dilanjutkan. Keyword: evaluasi kebijakan, kepala sekolah, profesionalisme ***************** ABSTRACT Evaluating the implementation of school principal candidate preparation program policy is expected to reinforce the policy making for the success in teachers’ assignment as school principals that have been implemented. The principal as the leader is expected to be able to contribute to the success in strengthening governance, accountability and public image of Indonesian education. The success of school principals in improving the quality of education in schools is determined by professionalism in carrying out their duties, roles and functions as school principals. To improve their professionalism, it is very important to prepare the good selection of school principal candidates. The implementation of a good selection system is expected to produce candidates who have high credibility which is very important in the current education era. This study on policy evaluation used qualitative descriptive approach to reveal and assess to what extent the program can be implemented, and to what extent the program objectives have been achieved, as well as to determine the obstacles in implementing the program. The evaluation research design used in this study was the DEM (Discrepancy Evaluation Model) Model, also called the gap evaluation model. After the results of the evaluation of school principal candidate preparation program in the education departments of Bontang City and Sidoarjo district, the aspects of planning, process, effectiveness, and implication are categorized as quite effective. Thus, it can be concluded that the policy of teachers’ assignment as principals in the principal candidate preparation program have to continue. Keyword: policy evaluation, school principal, professionalism
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sutjipto ; 2). Prof. Dr. Thamrin Abdullah, MM., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 8161 not found. |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 11:00 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 11:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
View Item |