YURINDA RAMADHANA, . (2019) HUBUNGAN ANTARA ATMOSFER TOKO DAN BELANJA HEDONIS DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF DI MATAHARI DEPARTMENT STORE ARION MALL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (239kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (112kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
|
Text
11. A) BAB I.pdf Download (48kB) |
|
Text
11. B) BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text
11. C) BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
11. D) BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
Text
11. E) BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak Februari sampai dengan Juli 2019 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara atmosfer toko dan belanja hedonis dengan pembelian impulsif di Matahari Department StoreArion Mallpada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang pernah melakukan pembelian impulsif di Matahari Department StoreArion Mall. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah dengan teknik purposive samplingsebanyak 145 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 8,509 + 0,165 X1+ 0,289 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnovdengan tingkat spesifikasi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y sebesar 0,200, X1bernilai sebesar 0,200, dan X2 sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi variabel pembelian impulsif (Y) atas atmosfer toko (X1) menghasilkan Fhitung< Ftabelyaitu 0,967 < 3,056 dan uji liniearitas regresi pembelian impulsif (Y) atas belanja hedonis (X2) menghasilkan Fhitung< Ftabelyaitu 0,831 < 3,056, sehingga disimpulkanbahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1dan X2menghasilkan Fhitung> Ftabelyaitu 13,386 > 3,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan Yatas X1thitung= 2,298 dan ttabel= 1,65566, Y atas X2dengan thitungsebesar 2,428 dan ttabel= 1,65566. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara atmosfer toko dengan pembelian impulsif. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara belanja hedonis dengan pembelian impulsif. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara atmosfer toko dan belanja hedonis dengan pembelian impulsif. Koefisien determinasi Y atas X1dan X2yang diperoleh adalah 0,159, hal ini menunjukan bahwa pembellian impulsif dipengaruhi oleh variabel atmosfer toko dan belanja hedonis sebesar 15,9%. This research was conducted at Faculty of Economics, State University of Jakarta, for 6 months from February to July 2019. The purpose of this research is to know the relationship between store atmosphere and hedonic shopping with impulse buying at Mathari Department Store Arion Mall in Faculty of Economic Student, State University of Jakarta. The research method used is survey method with correlational approach, the population used is all students of Faculty of Economics, State University of Jakarta who has ever did impulse buying at Matahari Department Store Arion Mall. The sampling technique used is the technique of purposive sampling of 145 students. The resulting regression equation is Ŷ = 8,509 + 0,165 X1 + 0,289 X2. Test the analytical requirement that is test of normality with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0,05 and yield significant level Y value equal to 0,200, X1 value of 0,200, X2 is worth 0,200. Because the level of significance of these three variables > 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. The linearity of regression Y on X1 produces Fcount < Ftable is 0,967 < 3,056 and testing linearity of regression Y on X2 produces Fcount < Ftable 0,831 < 3,056, so it can be concluded that the regression equation is significant. Hypothesis testing from the significance regression Y on X1 and X2 produces Fcount > Ftable which, 13,386 > 3,056, meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, Y on X1 tcount = 2,298 and ttable = 1,65566 and performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, Y on X2 tcount = 2,428 and ttable = 1,65566. It can conclude that is possitive and significant. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0,159 indicating that, 15,9% variable impulse buying is determined by the store atmosphere and hedonic shopping.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Nurdin Hidayat,M.M.,M.Si ; 2). Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E., M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 15:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12068 |
Actions (login required)
View Item |