PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BOGOR

JULIANI DEBORA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN FULL.pdf

Download (328kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (43kB)

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaraan Perbankan Dasar disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena pembelajaran perbankan dasar masih menggunakan model teacher centered, sehingga hasil belajar siswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelass X Akuntansi SMK Negeri 1 Bogor berdasarkan data yang jelas dan valid.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Bogor. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Bogor. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non Equivalent Group Design dengan jumlah sampel 70 siswa.Untuk menjaring data variabel digunakan soal tes berbentuk pilihan ganda untuk hasil belajar siswa.Perhitungan validitas soal menggunakan rumus product moment dan reliabilitas soal menggunakan rumus K-R 20 (Kuder Richardson 20). Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t, hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 4,569 dengan ttabel sebesar 2,030. Dengan demikian, thitung > ttabel (4,569 > 2,030) artinya, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan belajar abad 21pada mata pelajaran perbankan dasar kelas X Akuntansi SMK Negeri 1Bogor.Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Fauzi S,Pd,M.Ak ; 2). Susi Indriani, SE,M.S.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2020 18:26
Last Modified: 29 Dec 2020 18:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item