RAHMAWATI DEWI, . (2019) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK JAKARTA 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER RAHMA.pdf Download (303kB) |
|
Text
2. ABSTRAK Rahma(1).pdf Download (364kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (344kB) |
|
Text
4. Lembar PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (179kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR RAHMA(1).pdf Download (29kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI RAHMA.pdf Download (158kB) |
|
Text
8. BAB 1 RAHMA.pdf Download (395kB) |
|
Text
9. BAB II RAHMA.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
10. BAB III RAHMA.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
|
Text
11. BAB IV RAHMA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V RAHMA.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhKeaktifan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Penelitian ini membutuhkan waktu selama empat bulan, terhitung dari bulan Maret2019 sampai Juni dengan2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi terjangkaupada penelitian ini berjumlah 140 siswa. Berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Hasil Belajar(Y), variabel Keaktifan Belajar(X1), dan variabel Motivasi Belajar(X2) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama ujipersyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Ketiga uji regresi linear berganda. Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 95,095> Ftabel3,09, hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung12,725>ttabel1,984, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positifdan signifikan antara keaktifan belajardan hasil belajar.Kemudian, thitung3,309>ttabel1,984, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi bergandaỶ= 59,870 + 0,249X1+ 0,073X2. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,662, yaitu masing-masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 66,2%, kepada Y dan sisanya 33,8%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Syarifudin Tippe M.Si ; 2). Roni Faslah S.Pd, M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 14:46 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 14:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12208 |
Actions (login required)
View Item |