PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1

ADISTI INAS TRIANITA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK dan ABSTRACT.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran yang sering digunakan disekolah yaitu model pembelajaran Direct Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMK Dinamika Pembangunan 1 dan dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Kelas X TITL 1 terdiri atas 30 siswa yang diterapkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X TITL 2 terdiri atas 34 siswa diterapkan menggunakan model pembelajaran Direct Learning. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel. Untuk mendapatkan data penelitian, dilakukan tes awal dan akhir pada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda dan kemampuan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kelas yang diterapkan Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 84,1, sedangkan kelas yang diterapkan model pembelajaran Direct Learningmendapatkan nilai rata-rata 77,8. hasil perhitungan dengan uji-t, diperoleh nilai sebesar 3,58 dan nilai pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 62 adalah sebesar 1,69 oleh karena itu (3,58 > 1,69), artinya Ha diterima dan Ho ditolak hal ini menunjukan terdapat pengaruh dan perbedaan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Faried Wadjdi,M.Pd.,MM ; 2). Drs. Irzan Zakir,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 17:52
Last Modified: 12 Jan 2021 17:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item