PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI KOMPETENSI MANICURE PADA MATA KULIAH PERAWATAN TANGAN DAN KAKI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Erica Agustine, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI KOMPETENSI MANICURE PADA MATA KULIAH PERAWATAN TANGAN DAN KAKI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (55kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (435kB)
[img] Text
6.. KATA PENGANTAR FIX.pdf

Download (102kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
11. a. BAB I FIX.pdf

Download (84kB)
[img] Text
11. b. BAB II FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
11. c. BAB III FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
11. d. BAB IV FIX - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
11. e. BAB V FIX - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (58kB)

Abstract

Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis animasi kompetensi manicure pada mata kuliah perawatan tangan dan kaki. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta sejak bulan Febuari 2019 hingga bulan Juli 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan diuji validitas oleh 2 ahli media, 1 ahli materi, selanjutnya diuji praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Tata Rias. Berdasarkan hasil uji validitas, didapatkan hasil validitas dari ahli media 1 sebesar 96% dan ahli media 2 sebesar 86% pada kategori penilaian media sangat valid, lalu penilaian hasil uji validitasdari ahli materididapatkan hasil validitas sebesar 87% pada kategori penilaian materi sangat valid. Selanjutnya berdasarkan uji praktikalitas dosen didapatkan hasil 90% pada kategori penilaian sangat praktis dan hasil uji praktikalitas mahasiswa sebesar 92% juga pada kategori penilaian sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajan kompetensi manicure pada mata kuliah perawatan tangan dan kaki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fandy Septia Anggriawan, S.Pd, M.Pd. T ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M. Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2021 15:32
Last Modified: 22 Jan 2021 15:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item