Hanifah Dyah Ayuni, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI PRAKTIKUM INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS VIRTUAL REALITY DENGAN SISTEM ANDROID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 Cover.pdf Download (111kB) |
|
Text
2 Abstrak & Abstrack.pdf Download (75kB) |
|
Text
3 Lembar Persetujuan.pdf Download (154kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (63kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
11a BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
11b BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
11c BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
11d BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
Text
11e BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembanganini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran simulasi praktikumberbasis virtual realityyang laikpada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Bunda Kandung Jakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitianpengembangan (Research danDevelopment). Proseduryang digunakan adalah metodeADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Proses pengumpula data melalui kuisioner penilaian yang diuji oleh dosen ahli pada bidangnyauntuk mengetahui kelaikan media pembelajaran.Berdasarkan hasil penilaian dan uji kelayakanyang telahdilakukanhasil penilaian oleh ahlimediamemperolehpenilaian sebesar 96,75%,hasilpenilaian oleh ahli materi memperoleh penilaian sebesar 92,41%,pada uji coba produkfinal dilapangan dengan melibatkan 30 siswa, memperolehnilai presentase sebesar 91,43%. Sehinggapresentase hasil penilaian yang telah diakumulasikan sebesar93,53%, hasil tersebut menunjukan bahwamedia pembelajaran simulasi praktikum berbasisvirtual realitysangat laik.Berdasarkan hasil pretest-posttest yang telah diujikan kepada siswa, hasil menujukan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dengan t hitung kelas atassebesar 90,82, t hitung kelas bawah sebesar 104,77dan t tabelyangmemiliki derajat kebebasan 14sebesar1,699. Sehingga media pembelajaran berbasis virtual realityini dapat dikatakan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhamad Rifan, M.T ; 2). Imam Arief Raharjo, S.Pd., M.T |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 12:48 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 12:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12534 |
Actions (login required)
View Item |