MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

INTAN FARDILA, . (2016) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (136kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (57kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (260kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA melalui metode eksperimen tentang gaya pada siswa kelas IV SD. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas siswa kelas IV SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 37 orang. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat dijadikan salah satu metode untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV SD. Berdasarkan data minat belajar pada siklus I, siswa yang masuk kategori minat sangat tinggi sebesar 78,4%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 86,5%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 84,2% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 80% dan meningkat menjadi 93,3% pada siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M,Si., ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 15:04
Last Modified: 07 Nov 2019 15:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item